Share

Apa Betul Air Garam Bisa Hilangkan Karang Gigi?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 28 November 2022 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 611 2716409 apa-betul-air-garam-bisa-hilangkan-karang-gigi-vfaRZE6jtA.jpg Ilustrasi Karang Gigi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu yang menyebabkan masalah pada gigi kita adalah karang gigi. Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali.

Tapi, banyak orang yang enggan ke dokter gigi, bisa karena biaya, persoalan waktu atau karena takut. Nah, banyak orang kemudian mencari cara untuk membersihkan karang gigi tanpa perlu ke dokter, salah satunya adalah dengan berkumur air galam.

Tapi, benarkah membersihkan karang gigi bisa dilakukan begitu saja dengan garam? Garam memang memiliki kandungan antiseptik yang cukup baik. Antiseptik tersebut bisa dimanfaatkan untuk membersihkan rongga mulut dari plak gigi, bukan karang gigi.

Plak gigi merupakan lapisan berisi sisa makanan yang menjadi awal terbentuknya karang gigi. Dengan menghilangkan plak, maka juga akan mencegah munculnya karang gigi. Karang gigi tercipta akibat plak gigi yang tidak dibersihkan dengan baik dan benar, atau sisa makanan yang dihinggapi oleh bakteri.

Air Garam

Garam sebagai antiseptik dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang ada di dalam rongga mulut. Namun, garam tetap tidak mampu menghilangkan karang gigi sepenuhnya.

Manfaat garam hanya untuk membantu membersihkan plak gigi, sehingga mencegah terjadinya karang gigi. Apabila sudah timbul karang gigi, satu-satunya cara terbaik adalah pergi ke dokter gigi untuk dilakukan pembersihan atau scaling.

Oleh karena itu, jika kamu membaca informasi di internet seputar cara membersihkan atau menghilangkan karang gigi dengan air garam, bisa dipastikan itu keliru. Jadi tidak perlu kamu percayai, ya!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Memang air garam tidak bisa menghancurkan karang giogi, tapi berkumur air garam bermanfaat untuk menjaga kebersihan rongga mulut. Caranya sangat mudah: cukup campurkan satu sendok teh garam ke dalam gelas berisi air. Lakukan kumur-kumur selama 20-30 detik. Berkumur air garam ini dapat dilakukan 1-3 kali dalam sehari.

Dalam berkumur, lakukanlah secara merata hingga menjangkau semua permukaan gigi. Berkumur paling bermanfaat untuk gigi geraham paling belakang, terutama jika kondisi gigi bungsu tumbuh tidak sempurna atau sedikit miring.

Air garam juga akan membuang sisa makanan pada celah-celah gigi dan gusi. Bagian yang teraliri oleh air garam pun akan mendapatkan efek antibakteri. Waktu yang tepat untuk melakukan kumur dengan air garam, yaitu setelah makan dan sebelum tidur.

Ketika kamu makan, pasti akan ada sisa makanan yang menempel pada gigi. Sebelum sisa makanan tersebut tertempeli oleh bakteri dan menjadi plak gigi, sebaiknya langsung bersihkan semaksimal mungkin.

Berkumur sebelum tidur akan menjaga kondisi rongga mulut lebih stabil. Ketika kamu tidur, bakteri akan mudah untuk berkembang. Berbeda dengan saat sebelum tidur, di mana jumlah bakteri tersebut bisa diminimalkan. Namun, akan semakin baik jika berkumur dibarengi dengan menyikat gigi sebelum tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini