Share

Bukan untuk Hilangkan Karang Gigi, Ini Loh Fungsi Baking Soda

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 28 November 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 611 2716424 bukan-untuk-hilangkan-karang-gigi-ini-loh-fungsi-baking-soda-wsb3Re9E02.jpg Ilustrasi Baking Soda. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA kesehatan rongga mulut merupakan hal yang wajib dilakukan semua orang. Salah satu caranya dengan membersihkan karang gigi (scaling) secara rutin di dokter gigi.

Ada yang mengatakan bahwa pembersihan karang gigi bisa juga dibantu dengan baking soda atau soda kue. Benarkah demikian? Jika memang benar, adakah cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda?

Mungkin kamu pernah membaca suatu informasi di internet, yang mengatakan bahwa baking soda dapat menghilangkan karang gigi. Perlu kamu tahu bahwa informasi tersebut hanyalah mitos belaka. Melansir KlikDokter, baking soda mampu meningkatkan efektivitas pembersihan plak gigi, bukan karang gigi.

Plak gigi merupakan suatu lapisan sisa makanan yang menjadi awal terjadinya karang gigi atau penyakit pada rongga mulut lainnya. Artinya, apabila plak ini tidak dibersihkan dengan baik dan benar, maka bisa timbul karang gigi.

Karang Gigi

Baking soda memang mengandung antimikroba yang mampu membunuh bakteri penyebab munculnya karang gigi. Ketika plak gigi dihilangkan dengan baking soda, karang gigi juga otomatis tidak akan tercipta.

Jadi, pernyataan yang benar adalah baking soda mampu menghilangkan plak gigi, bukan untuk menghilangkan karang giginya secara langsung. Karena itu, tidak ada cara yang dianjurkan untuk menghilangkan atau membersihkan karang gigi dengan baking soda.

Penggunaan baking soda sudah dicampurkan pada beberapa pasta gigi, karena memang manfaatnya untuk meningkatkan efektivitas pembersihan plak gigi. Jika kamu ingin membersihkan plak gigi dengan baking soda saja, tidak masalah. Kamu dapat melarutkan baking soda dan air dengan perbandingan 1:1.

Baking soda diaduk dan digunakan untuk menggosok gigi selama setidaknya 30-60 menit. Setelah itu, bilas mulutmu dengan air bersih. Bagaimana dengan penggunaan baking soda yang terkandung dalam pasta gigi? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan, dan malah lebih praktis.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam hal ini, cara menyikat gigi menjadi faktor yang tidak kalah penting. Sebaik apa pun bahan yang kamu gunakan, tetapi jika gerakan menyikatnya salah, plak gigi juga tidak akan menghilang.

Hampir semua jenis perawatan terutama yang berhubungan dengan bahan kimia akan memiliki risiko. Ada beberapa efek samping yang bisa terjadi jika kamu salah dalam menggunakan baking soda. Bahan ini nyatanya cukup abrasif atau dapat mengikis permukaan gigi bila dilakukan terlalu sering.

Baking soda memiliki keasaman yang cukup tinggi. Gigi akan sangat lemah jika bertemu dengan asam. Pori-pori gigi akan terbuka, sehingga apabila terkena gesekan pori-pori akan membuka semakin lebar dan kekuatan gigi akan semakin berkurang.

Ketika kekuatan permukaan email gigi berkurang, otomatis akan memengaruhi tingkat sensitivitas. Semakin permukaan gigi dekat dengan saluran akar, rasa sensitif akan semakin tinggi.

Sebaiknya menggosok gigi dengan baking soda dilakukan 1-2 kali saja dalam seminggu. Untuk menghilangkan plak gigi dan karang gigi, cara yang paling aman memang sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini