Share

Deretan Tips Bangun Bonding antara Orangtua dengan Anak

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 28 November 2022 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 612 2716166 deretan-tips-bangun-bonding-antara-orangtua-dengan-anak-4nB1TX8TUg.jpg Ilustrasi Tips Mengasuh Anak. (Foto: Shutterstock)

PERAN orangtua pada perkembangan buah hati mereka memang sangat penting. Oleh karena itu, kedekatan anak pada orangtuanya akan menentukan bagaimana sikap seorang anak di masa depan.

Penelitian yang dilakukan oleh Sutton Trust yang dilaporkan oleh The Guardian beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa ikatan antara orangtua terutama ibu dengan anak, dapat mempengaruhi perilaku anak termasuk prospek masa depan mereka.

"Ikatan yang lebih baik antara orangtua dan anak dapat mempengaruhi mobilitas sosial yang lebih baik, karena ada kaitan yang jelas dengan pendidikan, perilaku, dan pekerjaan anak itu di masa depan," kata Conor Ryan seperti dilansir dari Antara.

Ibu dan Anak

Ikatan yang terjalin sejak anak masih dalam kandungan juga dapat membuat anak merasa dunia adalah tempat aman dan nyaman untuknya, sehingga ini menjadi pondasi yang kuat bagi tumbuh kembang anak baik fisik maupun mental.

Selain menyusui, berikut ini adalah sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk membangun ikatan yang kuat antara orangtua dengan anak, berdasarkan keterangan pers dari produk perawatan bayi Bebble yang diterima di Jakarta.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Sering menyentuh dan memeluk anak akan membuat mereka merasa nyaman dan terlindungi. Selain sentuhan dan pelukan, memberikan respon ketika mereka menangis atau berbicara juga dapat membuat mereka merasa aman dan dihargai.

Bayi yang baru lahir perlu mendapat banyak rangsangan termasuk dari suara. Suara hangat orangtua dapat membuat mereka merasa nyaman, dan anak akan dapat mengenali suara orangtuanya bila selalu diajak bicara bahkan dinyanyikan oleh orangtuanya.

Kemudian, perhatikan kebutuhan dan perawatan fisik anak mulai dari produk perawatan hingga asupan gizi mereka. Memilih produk perawatan untuk bayi tentu tidak boleh main-main karena kulit bayi memang masih sensitif.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini