Share

Mama Lita Nangis Mengenang Suami, Ini 7 Cara Move On dari Pasangan yang Sudah Meninggal Dunia!

Vivin Lizetha, Okezone · Senin 28 November 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 612 2716375 mama-lita-nangis-mengenang-suami-ini-7-cara-move-on-dari-pasangan-yang-sudah-meninggal-dunia-wrkJAMnQLp.jpg Mama Lita menangis saat bercerita tentang Almarhum suami. (foto: Instagram/@Insta_julid)

TAK ada orang yang siap dan mampu bertahan ditinggal meninggal orang tersayangnya. Perasaan ini yang dirasakan oleh finalis Masterchef Indonesia (MCI), Mama Lita.

Video kisah sedihnya viral di media sosial. Dalam video itu, Mama Lita terlihat sesegukan mengenangkan sang suami, Ananda Rizky Pratama yang sudah pergi meninggalkannya untuk selamanya pada 2020 lalu.

 Mama Lita menangis

"Sampai kapanpun kamu akan tetap di sini. Untuk suamiku yang aku sayangi kamu akan tetap ada dalam hatiku sampai kapan pun. I'm fine. Kamu tahu aku adalah seorang wanita yang kuat. Makanya kamu pergi secepat ini ya kan. Stop stop stop stop," kata Mama Lita dalam video tersebut.

Meski sudah dua tahun berlalu, namun Mama Lita masih merasakan kesedihan yang mendalam atas kepergian sang suami akibat kanker paru. Walaupun terlihat Mama Lita sudah bersusah payah untuk move on, namun duka itu masih begitu membekas didirinya.

Dikutip dari Vitas Healthcare, kondisi yang dialami oleh Mama Lita sangat wajar terjadi. Bahkan tak sedikit yang merasa tak mampu bisa move on dari kesedihan itu atau tidak.

Namun situs tersebut juga memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan agar bisa cepat move on dari kesedihan akibat ditinggal pasangan yang meninggal dunia. Berikut ulasannya.

1. Biarkan diri untuk berduka

Jika Anda merasa bingung saat pasangan meninggal dunia, tidak apa-apa. Itu sangat wajar karena Anda telah kehilangan sebagian dari diri Anda. Ini akan menjadi waktu yang sulit tetapi penting bagi Anda untuk berduka. Berkabung adalah ekspresi terbuka dari pikiran dan perasaan Anda. Ini adalah bagian penting dari penyembuhan.

2. Berduka dengan cara sendiri

Jangan bandingkan pengalamanmu dengan pengalaman orang lain. Ambil pendekatan satu hari pada satu waktu yang memungkinkan Anda berduka dengan cara Anda sendiri.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

3. Cari teman ngobrol

Penyembuhan dimulai saat Anda dapat berbagi kesedihan dengan orang lain. Biarkan diri Anda berbicara tentang kematian, perasaan kehilangan dan kesepian Anda, dan hal-hal khusus yang Anda rindukan tentang pasangan Anda.

4. Nikmati campur aduk emosi itu

Mengalami kematian siapa pun akan memengaruhi otak, hati, dan jiwa Anda. Kebingungan, disorientasi, ketakutan, rasa bersalah, kelegaan, dan kemarahan hanyalah beberapa emosi yang mungkin Anda rasakan. Jangan terbebani jika Anda tiba-tiba mengalami masa-masa kesakitan atau kesedihan yang sepertinya datang entah dari mana. Membiarkan diri Anda belajar dari perasaan dan emosi ini membantu Anda sembuh.

 Menangis

5. Temukan support system

Jangkau orang-orang yang peduli dengan Anda dan bersedia berjalan bersama Anda melewati kesedihan Anda. Temukan grup pendukung yang mungkin ingin Anda hadiri. Hindari orang-orang yang kritis, menghakimi atau yang ingin memberi nasihat. Anda memiliki hak untuk mengungkapkan kesedihan Anda, tetapi Anda juga memiliki hak untuk tidak membagikannya.

6. Lakukan hal-hal ketika sudah waktunya

Ada hal-hal yang harus Anda lakukan segera, tetapi sebagian besar, jangan membuat diri Anda melakukan apa pun sampai Anda siap. Anda dapat membuat beberapa keputusan sekarang dan menunggu sebelum membuat keputusan lain. Jangan biarkan orang lain membuat keputusan untuk Anda.

7. Rayakan kenangan

Saat-saat Anda akan sangat merindukan pasangan Anda adalah hari-hari istimewa yang Anda berdua bagikan. Karena rasa sakit dan kehilangan bisa lebih besar pada saat-saat itu, mungkin bersama orang lain akan lebih membantu Bagikan kenangan Anda dengan teman-teman, jika Anda mau, tetapi tetap hargai kehidupan yang Anda dan pasangan Anda jalani bersama dengan menjaga tempat khusus di hati Anda untuk merayakan dan menghargai kenangan kebersamaan Anda.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini