Share

Waspada Anak Suka Ngupil, Ini Loh 5 Bahaya yang Mengintai

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 28 November 2022 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 612 2716457 waspada-anak-suka-ngupil-ini-loh-5-bahaya-yang-mengintai-cxIbqBfJXC.jpg Ilustrasi Anak Ngupil. (Foto: Freepik)

APAKAH anak Anda termasuk sering ngupil? Kebiasaan mengupil sebenarnya tidak berbahaya untuk kesehatan jika dilakukan sesekali saja. Ngupil juga tidak akan mengganggu kemampuan indra penciuman anak.

Memang, mengupil di muka umum telah lama dianggap sebagai suatu perilaku yang secara sosial tidak sopan. Tapi ada alasan lain mencegah anak sering ngupil.

Seperti dilansir dari KlikDokter, jika dilihat lewat kacamata kesehatan, ada beberapa dampak buruk untuk kesehatannya. Mari ketahui lebih lanjut bahaya ngupil terlalu sering dan cara mengatasi kebiasaan anak yang suka ngupil.

Ngupil

Meningkatkan Risiko Infeksi di Lubang Hidung

Mengupil dengan jari atau kuku yang kotor bisa memperkenalkan bakteri baru ke flora normal hidung. Hal ini bisa meningkatkan risiko infeksi pada daerah sekitar lubang hidung. Penyakit yang dapat terjadi antara lain impetigo (bisul) di dalam lubang hidung dan vestibulitis (peradangan pada bagian depan rongga hidung).

Menyebarkan Bakteri atau Sumber Penyakit

Mukus hidung yang kering atau upil berasal dari cairan hidung disertai berbagai macam kuman. Tangan yang digunakan anak untuk ngupil bisa menjadi media penyalur penyebaran kuman, terutama bila anak tidak mencuci tangan setelahnya.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Rusaknya Rongga Hidung

Kebiasaan anak ngupil terlalu sering dapat menyebabkan rongga hidung anak meradang dan membengkak. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan penyempitan pada rongga hidung, sehingga dapat mengganggu aliran udara yang masuk melalui hidung.

Mimisan

Pada anak yang sering ngupil, dampak buruk yang paling sering ditemukan adalah mimisan. Karena gesekan dari kuku atau ujung jari terus terjadi, mengupil bisa menyebabkan pembuluh darah yang rapuh pada hidung pecah. Pecahnya pembuluh darah pada hidung inilah yang bermanifestasi sebagai mimisan.

Kerusakan Septum Hidung

Bahaya ngupil lainnya yang bisa terjadi pada anak adalah kerusakan septum hidung. Kondisi ini lebih jarang terjadi, tetapi dapat muncul karena kebiasaan ngupil terus-menerus. Akibat gesekan dan dorongan dari ujung jari atau kuku saat mengupil, septum hidung dapat mengalami kerusakan hingga berlubang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini