Share

Begini 4 Cara Tepat Cegah Kebiasaan Ngupil Anak

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 28 November 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 612 2716574 begini-4-cara-tepat-cegah-kebiasaan-ngupil-anak-KdwDAcy0dD.jpg Ilustrasi Anak Ngupil. (Foto: Shutterstock)

KEBIASAAN mengupil sebenarnya tidak berbahaya untuk kesehatan, meskipun mengupil di muka umum telah lama dianggap sebagai suatu perilaku yang secara sosial tidak sopan. Tapi, terlepas dari norma kesopanan ternyata ngupil bisa berhaya juga loh dika terlalu sering dilakukan.

Seperti dilansir dari KlikDokter, jika dilihat lewat kacamata kesehatan, ada beberapa dampak buruk untuk kesehatannya. Mari ketahui lebih lanjut bahaya ngupil terlalu sering dan cara mengatasi kebiasaan anak yang suka ngupil.

Apabila Mama dan Papa memiliki anak yang sering ngupil, terdapat beberapa cara untuk mengatasi kebiasaan ini:

1. Ketahui dan Atasi Penyebab Hidung Anak Berlendir

Banyaknya sekret yang dihasilkan hidung bisa jadi merupakan pemicu utama anak sering ngupil. Apabila penyebabnya diketahui dan bisa diatasi, maka anak tidak akan memiliki keinginan untuk mengupil lagi.

2. Ajari Cara Mengeluarkan Sekret di Hidung

Biasanya anak suka ngupil karena risi dengan kotoran di hidungnya yang mengganggu.

Dengan mengajarkan cara mengeluarkan kotoran di hidung dengan benar, kemungkinan mengumpulnya kotoran di lubang hidung akan berkurang. Dengan demikian, anak tidak lagi perlu mengupil.

3. Jelaskan Bahaya Ngupil kepada Anak

Anak yang berusia lebih besar akan lebih mudah diajak bekerja sama bila ia mengetahui alasan diminta melakukan sesuatu. Maka itu, luangkanlah waktu untuk menjelaskan kepada anak tentang bahaya yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan mengupil.

4. Alihkan Perhatian Anak

Anak sering ngupil bisa disebabkan rasa bosan ketika tidak sedang melakukan aktivitas apapun. Coba ajak anak melakukan aktivitas menyenangkan untuk mengalihkan perhatiannya dari kebiasaan mengupil.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini