Share

Masuki Kepala 4 Ukuran Penis Bakal Mengecil, Apa Betul?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 29 November 2022 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 612 2716672 masuki-kepala-4-ukuran-penis-bakal-mengecil-apa-betul-xtjNxIeyjC.jpg Ilustrasi Ukuran Penis. (Foto: Shutterstock)

KETIKA usia bertambah, tubuh manusia akan mengalami penurunan fungsi. Salah satu yang paling berpengaruh adalah penurunan massa otot yang akan turun hingga 33 persen saat usia 40 tahun.

Tapi, konon katanya mulai usia 40 tahun ukuran kelamin pria juga lama-lama mengecil. Apakah ini fakta atau sekadar mitos yang tak perlu dipercaya? Simak pembahasannya di bawah ini.

Penambahan berat badan banyak dialami oleh pria seiring dengan bertambahnya usia. Lemak yang menumpuk di perut bagian bawah dapat membuat penis seolah-olah terbenam sehingga terlihat lebih kecil.

Namun, ada kondisi ketika ukuran penis menjadi kecil secara permanen dan tidak dapat dikembalikan ke ukuran normal lagi. Apa yang menyebabkan kondisi ini?

Ukuran Penis

Melansir KlikDokter, hal itu dapat terjadi karena beberapa mekanisme. Mekanisme yang pertama adalah menumpuknya lemak di pembuluh darah yang berperan mengalirkan darah ke penis saat terjadi ereksi. Kondisi ini dinamakan aterosklerosis.

Mekanisme yang kedua adalah karena faktor bertambahnya usia. Akibatnya, terjadi penumpukan jaringan kolagen yang tidak elastis di ruang sekitar penis.

Perlu kamu tahu, ereksi dapat terjadi bila ruang di sekitar penis tersebut terisi darah. Penumpukan jaringan kolagen tersebut akan membuat sumbatan dalam pengisian ruang oleh darah.

Lebih lanjut, pada pria berusia 40 tahun ke atas terjadi penurunan hormon testosteron secara alamiah sebagai bagian dari proses penuaan. Hal ini dapat menyebabkan penis mengecil pada usia 40 tahun.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Bila ukuran penis mengecil, ukuran testis juga biasanya mengecil. Mulai usia 40 tahun, testis akan mulai mengecil. Jika pada usia 30 ukuran testis mencapai 3 cm, maka saat usia 40 tahun ukurannya dapat mengecil hingga 2 cm.

Pertambahan usia memang tidak dapat dihindari, begitu pula dengan perubahan komposisi tubuh yang mengikutinya. Namun, dengan menjaga asupan makanan dan pola hidup sehat, setidaknya kamu dapat mengurangi satu faktor risiko yang dapat membuat ukuran penismu mengecil di kemudian hari. Oleh karena itu, mulailah hal ini dari sekarang.

Jika kamu mengalami perubahan pada Mr. P seiring bertambahnya usia, terutama bila berat badanmu berlebih, ini dapat diatasi dengan mengubah pola makan sehingga berat badan menjadi normal. Dengan berkurangnya tumpukan lemak, penis yang seolah-olah mengecil dapat kembali terlihat berukuran normal.

Sebenarnya kamu tidak perlu terfokus pada ukuran penis untuk masalah seksual. Namun, fokuslah pada faktor lain yang membantu kepuasan pasanganmu. Misalnya saja, kondisi psikis serta variasi dalam melakukan hubungan.

Akan tetapi, jika penis kamu mengecil disertai keluhan kesehatan seperti sulit buang air kecil atau tidak dapat menjalankan fungsi seksual, maka sudah waktunya kamu berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini