Share

Mengenal Karak, Teh Khas Qatar yang Nikmat dan Menyehatkan

Wulansari Listya, Okezone · Selasa 29 November 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 298 2716908 mengenal-karak-teh-khas-qatar-yang-nikmat-dan-menyehatkan-roqPvtTBQx.jpeg Teh Karak khas Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022 (Foto: iloveqatar.net)

MENJADI tuan rumah Piala Dunia 2022 membuat orang penasaran dengan negara Qatar. Salah satunya kuliner khas Qatar yang berada di kawasan Timur Tengah ini. 

Mengetahui kuliner tradisional adalah salah satu cara yang tepat untuk mempelajari budaya negara Timur Tengah tersebut. Salah satu yang menjadi kebanggan kuliner dan cukup populer di Qatar dan sekitarnya adalah teh karak.

Karak dibuat dari campuran teh, susu, air, gula, dan kapulaga yang direbus bersama dengan api kecil. Beberapa orang juga menambahkan bumbu lain seperti kayu manis, cengkeh, atau kunyit untuk menambah cita rasa.

Teh Karak

Dilansir dari iloveqatar.net, karak adalah bagian penting dari tradisi Qatar. Minuman panas ini sudah dijual di ratusan toko yang tersebar di seluruh kota dan dibutuhkan warga Qatar untuk menuman sehari-hari. Teh karak menjadi minuman yang wajib disajikan saat teman dan keluarga berkumpul bersama.

Kini ada banyak makanan penutup dan manisan seperti es krim dan kue yang hadir dalam rasa Karak. Rasa minuman ini memang membuat warga Qatar ketagihan dan terobsesi. Itulah mengapa betapa pentingnya minuman panas ini bagi Qatar.

Selain itu, kapulaga di Karak juga merupakan bagian tak terpisahkan dari minuman tradisional Qatar karena banyak khasiat obatnya. Kapulga diklaim dapat meredakan kembung, mulas, keasaman, mual, kehilangan nafsu makan dan peradangan dalam tubuh, dan juga menurunkan tekanan darah.

Resep Teh Karak

Teh sederhana ini dibuat dengan cara yang cukup mudah. Kamu dapat mengikuti resepnya sehingga dapat merasakan teh karak tanpa perlu pergi jauh ke Qatar.

Bahan

1 gelas air

1 sendok teh teh hitam bubuk

¼ sendok teh kapulaga yang dihancurkan atau dihaluskan

1 cangkir susu (biasa, kental atau diuapkan)

Gula untuk dicicip

Kunyit, jahe, kayu manis atau cengkih (opsional)

Langkah-langkah

1. Rebus secangkir air dalam panci dengan teh hitam dan bubuk kapulaga.

2. Setelah campuran mendidih, tambahkan secangkir susu dan gula tergantung seberapa banyak gula yang Anda suka.

3. Rebus lagi dan didihkan selama beberapa menit. Pada titik ini, Anda dapat menambahkan bahan opsional.

4. Tuang teh ke dalam cangkir menggunakan saringan.

5. Nikmati setiap tegukan minuman pick-me-up yang panas dan seperti susu itu.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini