Share

Resep Membuat Telur Asin Sendiri di Rumah, Awas Jangan Makan Kebanyakan Ya

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Selasa 29 November 2022 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 298 2717006 resep-membuat-telur-asin-sendiri-di-rumah-awas-jangan-makan-kebanyakan-ya-zLlPCIey1E.jpg Ilustrasi Telur Asin. (Foto: Freepik)

TELUR asin memang memiliki berbagai kandungan mineral dan nutrisi untuk melancarkan peredaran darah tubuh dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Kelebihan telur asin dibanding telur ayam atau bebek adalah lebih kaya kalsium, zat besi, dan garam inorganik lainnya.

Omega 3 dalam kandungan telur asin dapat membantu pertumbuhan sel-sel pada otak. Oleh sebab itu tak heran bila ada yang memanfaatkan telur asin sebagai suplemen kalsium dan zat besi.

Meskipun demikian, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi telur asin secara berlebihan, dikarenakan hal tersebut akan menciptakan masalah kesehatan baru. Untuk membuat telur asin itu sendiri, jenis telur yang dipilih berupa telur bebek.

Memiliki ukuran yang lebih besar, serta cangkangnya yang tebal membuat telur bebek tidak mudah rusak selama proses pengasinan berlangsung. Telur bebek juga memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi di bagian kuningnya, minyak tersebut yang akan memberikan tekstur seperti berpasir dan lebih gurih yang disukai banyak orang.

Telur Asin

Gunakan telur bebek baru untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Masa penyimpanan untuk telur asin ini sendiri biasanya mencapai 8-10 hari jika disimpan dalam suhu 4 derajat celcius atau dalam suhu ruangan jika dimasak secara benar.

Anda juga bisa membuat telur asin dengan cara mudah dan enak di rumah lho! Penasaran seperti apa caranya? Berikut adalah panduannya

Bahan-bahan

10 biji telur bebek

250 gr garam

Air

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Cara membuat

1. Masukkan garam dan air secukupnya dalam panci, kemudian rebus hingga garam larut, diamkan untuk selama 10 menit

2. Susun telur bebek yang telah dicuci ke dalam toples atau wadah tertutup. Tuangkan air garam ke dalam toples atau wadah, kemudian simpan rapat.

3. Tunggu rendaman telur selama 10 hingga 14 hari tergantung tingkat keasinan yang diinginkan

4. Setelah penyimpanan selama beberapa hari, keluarkan telur dari wadah dan rebus.

5. Untuk air rebusan, Anda bisa menggunakan air garam yang digunakan untuk merendam telur sebelumnya, kemudian tambahkan sedikit air biasa.

6. Tunggu selama kurang lebih 20 menit, matikan kompor.

7. Masukkan telur-telur yang telah direbus ke dalam wadah yang telah diisi dengan air dingin dan tunggu hingga telur dingin.

8. Tiriskan, dan telur siap disajikan.

Nah, itulah cara membuat telur asin yang mudah dan enak! Semoga Anda menyukainya. Anda juga bisa membagikan resep mudah ini ke teman atau keluarga Anda melalui sosial media yang Anda miliki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini