Share

6 Makanan yang Ternyata Dibuat dengan Bantuan Bakteri

Nurul Amanah, Okezone · Selasa 29 November 2022 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 298 2717260 6-makanan-yang-ternyata-dibuat-dengan-bantuan-bakteri-CDYM6R4U6f.jpg Ilustrasi Makanan Probiotik. (Foto: Shutterstock)

BAKTERI memang kerap dikaitkan dengan beberapa penyakit, terutama penyakit seputar pencernaan. Tapi, pada kenyataannya tidak semua bakteri menyebabkan penyakit loh.

Apalagi, di tubuh manusia sendiri juga terdapat bakteri baik yang digunakan untuk berbagai fungsi. Nah, beberapa bakteri pun dimanfaatkan untuk mengolah makanan yang dapat dikonsumsi.

Berikut ini 5 produk makanan dan minuman yang merupakan hasil fermentasi dari mikroorganisme bakteri baik (probiotik), seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Tempe

Tempe

Bakteri baik Lactobacillus acidophilus dapat ditemukan pada tempe. Tempe dibuat dengan cara fermentasi kacang kedelai. Proses fermentasi ini membuat tempe menjadi makanan yang bernilai gizi tinggi. Tempe juga mengandung protein tinggi dan vitamin B12, sehingga tempe seringkali dijadikan pengganti daging.

Mentega

Mentega adalah produk yang dibuat dari bahan krim susu. Makanan olahan ini memanfaatkan bakteri Streptococcus lactisdalam proses pembuatannya.

Tape

Makanan yang terbuat dari umbi-umbian atau beras ketan ini melalui proses fermentasi dengan cara menggunakan bantuan dari jamur Saccharomyces cerevisiae.

Sup Miso

Familiar dengan makanan tradisional Jepang ini? Sup ini terbuat dari gandum, kacang kedelai, beras, atau barley yang difermentasi dengan garam dan sejenis jamur yang disebut koji. Miso biasanya mengandung mikroorganisme jamur Aspergillus oryzae atau ragi Saccharomyces rouxii, sebagai mikroorganisme yang menyebabkan fermentasi.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Keju

Keju merupakan produk yang dibuat dari air susu yang diasamkan dengan memanfaatkan bakteri asam laktat. Contohnya yaitu Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus casei. Selain itu, pembuatan keju juga dapat memanfaatkan bakteri Penicillium roqueforti, Propioni bactericum dan Penicillium camemberti.

Meskipun keju dibuat dengan cara fermentasi, tetapi tidak berarti semua keju mengandung probiotik. Beberapa keju lembut (seperti cheddar dan mozzarella) biasanya mengandung banyak probiotik yang berguna untuk usus Anda.

Yoghurt

Salah satu minuman yang sudah dikenal sebagai hasil dari fermentasi adalah Yoghurt. Bahan makanan ini menggunakan bantuan bakeri Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus untuk mengolah fermentasi susu.

Kedua bakteri tersebut dapat mengubah susu pasteurisasi menjadi yogurt selama proses fermentasi. Proses fermentasi ini menjadikan yogurt mempunyai rasa dan tekstur yang khas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini