Share

Menghitung Kalori yang Harus Dibakar untuk Turunkan Berat 1 Kg

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 29 November 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 612 2717106 menghitung-kalori-yang-harus-dibakar-untuk-turunkan-berat-1-kg-aJf1jlBJdt.jpg Ilustrasi Menghitung Jumlah Kalori. (Foto: Freepik)

TUBUH memang memerlukan kalori agar bisa berfungsi normal, dan tidak mudah lelah. Tapi, belakangan banyak orang yang melakukan diet kini memangkas kebutuhan kalori tubuh mereka.

Beberapa metode diet bahkan menyarankan pengurangan kalori yang terlalu ekstrem melalui pembatasan porsi makan secara gila-gilaan. Tahukah kamu bahwa cara ini justru tidak baik bagi kesehatan? Menurunkan kalori secara ekstrem sangat tidak disarankan karena mengganggu kinerja sistem tubuh.

Meski begitu, pembatasan kalori untuk turunkan berat badan tetap bisa dilakukan dengan menghitung sendiri kebutuhan kalori harian dan mengetahui seberapa banyak yang harus dikurangi per harinya.

Lalu, berapa kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg? Manajemen berat badan tergantung dengan kalori yang kamu makan dan kalori yang kamu bakar.

Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi kalori melebihi kebutuhan harian, ditambah minimnya pembakaran kalori karena kurangnya aktivitas fisik dan olahraga menyebabkan kalori dalam tubuh tertimbun dalam bentuk lemak. Bila ingin menurunkan berat badan, kurangi kalori yang kamu makan dan bakar kalori yang telah tertimbun dalam bentuk lemak melalui aktivitas fisik dan olahraga.

Kebutuhan kalori sendiri bergantung dengan usia, jenis kelamin, dan aktivitas tubuhmu. Umumnya, wanita berusia 19-30 tahun dengan aktivitas ringan membutuhkan 2000 kalori. Pria berusia 19-30 tahun dengan aktivitas ringan membutuhkan 2.200 kalori.

Karena 1 kilogram sama dengan sekitar 7.700 kalori, maka kamu perlu membakar 7.700 kalori untuk mengurangi berat badan sebanyak 1 kilogram. Apabila kamu mengurangi asupan sebanyak 300 kalori per hari, maka penurunan berat badan sebanyak 1 kg bisa kamu peroleh selama lebih kurang 25 hari.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Penurunan berat badan akan lebih cepat bila pengurangan kalori lebih besar. Pengurangan kalori tentunya harus dalam batas aman dan dikombinasikan dengan olahraga.

Menurut penelitian yang dimuat jurnal Progress in Cardiovascular Diseases, penurunan berat badan bisa terjadi dengan rutin melakukan aerobik. Idealnya, pembakaran kalori per hari dapat diperoleh melalui aerobik berintensitas tinggi.

Kamu juga bisa menurunkan kalori dengan melakukan sejumlah aktivitas di bawah ini:

- Tidak mengonsumsi makanan tinggi kalori dan bernutrisi rendah

- Mengganti makanan tinggi kalori dengan pilihan lain yang kalorinya rendah

- Mengurangi porsi makan

- Nilai kalori terendah yang dapat kamu konsumsi per harinya adalah sebanyak 1000-1100 kkal. Sangat tidak direkomendasikan menurunkan jumlah kalori melewati batas tersebut

Perhitungan di atas hanyalah perkiraan semata. Sesungguhnya masih banyak faktor yang memengaruhi proses penurunan berat badan. Namun, mencermati jumlah kalori yang yang masuk dan dibakar tetap bisa diandalkan dalam upaya menurunkan berat badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini