Share

Anak Tak Sengaja Minum Minyak Kayu Putih? Begini Pertolongan Pertamanya

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 29 November 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 612 2717152 anak-tak-sengaja-minum-minyak-kayu-putih-begini-pertolongan-pertamanya-D8r0s2QdIw.jpg Ilustrasi Minyak Kayu Putih. (Foto: Shutterstock)

MINYAK kayu putih memang kerap menjadi teman bagi anak-anak, dan biasanya digunakan setelah mereka mandi. Minyak kayu putih bisa menghangatkan tubuh, mengurangi rasa mual, perut kembung, pusing, dan nyeri.

Sebenarnya minyak kayu putih aman digunakan, dengan catatan dioleskan hanya pada kulit. Meski demikian, selalu ada kemungkinan minyak kayu putih tertelan secara tak sengaja.

Kejadian minyak kayu putih tertelan sering terjadi pada anak-anak yang belum mengerti bahwa minyak ini seharusnya tidak boleh diminum. Jika ditelan dalam jumlah yang banyak, hal ini tentu dapat membahayakan tubuh. Karena itu, simak efek minum minyak kayu putih di bawah ini.

Minyak Kayu Putih

Dalam dunia kedokteran, bahan seperti minyak kayu putih termasuk dalam golongan hidrokarbon karena mengandung zat minyak. Bila tertelan dalam jumlah banyak, minyak kayu putih dapat menyebabkan gejala keracunan, seperti dilansir dari KlikDokter:

- Mual

- Muntah

- Pusing

- Gangguan pernapasan

- Gangguan aliran darah

Efek minum minyak kayu putih bisa berbeda-beda pada tiap orang. Selain itu, juga sangat tergantung pada berapa banyak minyak yang tertelan. Yang pasti, hal tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Nah, berikut adalah pertolongan pertama yang harus diberikan apabila tak sengaja tertelan minyak kayu putih:

1. Minum Susu atau Arang Aktif

Jika tertelan minyak kayu putih, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah jangan berusaha memuntahkan minyak tersebut karena dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut pada rongga mulut dan kerongkongan. Jika ada, kamu boleh segera meminum susu atau arang aktif (active charcoal). Zat arang aktif ini biasanya terdapat dalam obat-obat antidiare tertentu.

2. Pergi ke Dokter

Setelah penanganan awal di rumah, segeralah ke UGD rumah sakit terdekat. Di UGD, dokter akan menilai kondisi tubuh serta melakukan tindakan selanjutnya. Bila perlu, dokter akan memberikan oksigen, memasang infus, serta melakukan tindakan pembilasan lambung untuk mengeluarkan minyak kayu putih yang belum terserap di lambung.

Kini kamu sudah mengetahui langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan di rumah jika tak sengaja tertelan minyak kayu putih. Selain itu, untuk mencegah agar tidak tertelan minyak kayu putih, letakkanlah di tempat khusus yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini