Share

Bad Mood Gara-Gara Konten Media Sosial? Ini 4 Cara Mengatasinya!

Dyah Ratna Meta Novia, Okezone · Selasa 29 November 2022 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 612 2717257 bad-mood-gara-gara-konten-media-sosial-ini-4-cara-mengatasinya-ZUXPVIX10w.jpg Bad mood gara-gara medsos (Foto: Deposit photos)

SEBENARNYA media sosial tidak selalu memberikan manfaat kepada penggunanya tetapi juga memiliki sisi negatif dan bikin bad mood. Misalnya saja kamu jadi cemas saat membaca berbagai artikel berisi saran soal percintaan yang gagal. Jadi lebih baik hindari membaca konten-konten yang bikin cemas, stres, atau negative thinking.

Selain itu hindari sharing berlebihan di medsos untuk menghindari kecaman, dan kritik berlebihan yang bikin down.

Nah, untuk menghindari atau mengurangi sisi buruk dari sosmed ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Penasaran seperti apa? Berikut paparannya.

 jangan kepo

1. Jangan mudah kepo

Janga kepo dengan konten-konten yang bisa memicu negative thinking-mu atau perasaan insecure dan cemas. Jika ada konten yang memicu, segera hindari. Jangan di-klik, sebab hanya akan membuatmu cemas.

2. Batasi berbagi berlebihan

Penting untuk selalu memperhatikan apa yang akan dibagikan secara online. Berbagi secara berlebihan dapat membuat lebih rentan mendapat kritik dari orang lain, yang dapat memperburuk kecemasan.

Alasan lainnya adalah untuk melindungi data pribadi dari orang asing atau penipu. Misalnya, jika secara tidak sengaja meninggalkan detail tiket penerbangan atau data lain seperti alamat pribadi. Jadi lebih aman batasi berbagi berlebihan.

3. Pelajari cara menghadapi komentar ekstrem

Komentar ekstrem selalu ada di medsos dan tidak semua orang bisa menerimanya. Situasi akan menjadi sulit jika komentar yang dilayangkan sangat menyakitkan hati hingga membuat kesal dan tak jarang membuat putus asa.

Untuk itu penting mengetahui cara menghadapi komentar ekstrem dari para pembully. Biasakan untuk mengabaikan komentar negatif meski itu menyakitkan mengingat pembully akan semakin menjadi-jadi jika komentarnya direspon.

Bila perlu hapus komentar negatif, atau laporkan komentar ke sistem sebagai penghinaan. Bisa juga dengan menonaktifkan komentar lalu istirahat lah sejenak dan detoks digital untuk menjauhkan diri dari jejaring sosial.

 BACA JUGA:5 Postingan Medsos yang Bisa Rusak Karier Anda

4. Jadikan akun pribadi (private)

Untuk mengurangi risiko bertemu netizen pembully dan menghindari berbagi informasi sensitif, pertahanan yang baik adalah dengan meningkatkan tingkat privasi akun. Ubah akun medsos dari publik menjadi private.

Dengan mengubah akun menjadi private maka privasi akan lebih terjaga karena semua postingan tidak menjadi bahan konsumsi publik. Akun private juga bisa menghindari jejaring dari orang asing yang berbahaya.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini