Share

Berapa Kalori Nanas? Buah yang Cocok untuk Menu Diet

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 30 November 2022 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 298 2718021 berapa-kalori-nanas-buah-yang-cocok-untuk-menu-diet-6x7TYMhvyE.jpg Ilustrasi Nanas. (Foto: Shutterstock)

NANAS memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung nutrisi dan vitamin. Meski belum banyak penelitian yang membuktikan, tapi nanas dipercaa bisa menjadi makanan untuk menurunkan berat badan.

Sebenarnya tidak ada buah tertentu yang secara langsung menyebabkan penurunan berat badan. Tapi, mereka akan membantumu merasa kenyang tanpa menambahkan kalori ke dalam tubuhmu.

Nanas merupakan salah satu jenis buah yang sering dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu, seperti pemicu sakit perut, keputihan, hingga keguguran. Hal tersebut kemudian membuat banyak orang berpikir ulang untuk mengonsumsi nanas.

Nah, Nanas dapat menjadi pilihan camilan yang sehat karena rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral penting, serta tidak termasuk lemak jenuh atau lemak trans. Seperti dilansir dari KlikDokter, dalam 165 gram nanas, kandungannya meliputi:

82 kalori

0.9 gram protein

22 gram karbohidrat

0.2 gram lemak

2.3 gram serat

16.3 gram gula

79 mg vitamin C

Nanas

Selain itu, ada sejumlah manfaat buah nanas untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh:

1. Baik untuk Pencernaan

Mengonsumsi buah nanas baik untuk sistem pencernaanmu. Sebab, nanas mengandung bromelin yang merupakan enzim proteolitik. Enzim ini berfungsi untuk melunakkan makanan dan memecah protein di lambung, sehingga membantu tubuh kamu dalam mencerna dan menyerap nutrisi pada makanan.

Karena itu, menyantap satu potong nanas setelah makan dapat membantu sistem pencernaan tubuh secara keseluruhan, seperti mengurangi produksi gas, mencegah kembung, mual, sembelit, dan masalah pada usus besar.

2. Membantu Menaikkan Sistem Imun

Nanas kaya akan antioksidan, yakni molekul yang dapat membantu tubuh mengatasi stres oksidatif sehingga mampu menaikkan sistem imun. Antioksidan yang terdapat dalam nanas berupa flavonoid dan fenolik. Penelitian yang melibatkan dua tikus menemukan bahwa antioksidan yang terdapat di dalam nanas memiliki efek proteksi untuk penyakit jantung.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Tahukah kamu, salah satu manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah dapat menurunkan risiko kanker? Penyakit kanker disebabkan oleh munculnya perkembangan sel yang tidak terkontrol. Ada berbagai faktor yang dapat membuat seseorang terkena kanker, mulai dari riwayat kesehatan keluarga hingga gaya hidup.

Beberapa penelitian menemukan bahwa nanas mengandung komponen bromelain yang dapat menurunkan risiko kanker dengan mengurangi peradangan. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada sel manusia.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Mengurangi Peradangan

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 40 orang dewasa yang memiliki sinusitis kronis. Mereka diminta untuk mengonsumsi 500 mg bromelain, dan hasilnya radang mereka terbukti berkurang. Karena efek antiperadangan tersebut, makan nanas juga bermanfaat untuk melawan rasa nyeri serta mengurangi pembengkakan.

5. Meredakan Gejala Arthritis

Bromelain dapat mengurangi peradangan pada radang sendi. Sebuah penelitian menemukan bahwa suplemen bromelain mampu mengurangi osteoarthritis pada punggung bawah. Namun, untuk menangani kondisi osteoarthritis, tentunya tidak hanya dengan konsumsi nanas. Kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat serta memeriksakan diri ke dokter.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Konsumsi buah nanas bisa berkhasiat untuk kesehatan kulitmu. Itu berkat kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Vitamin C dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan, sehingga membuat kulitmu tampak lebih segar. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga dapat membuat masker nanas untuk digunakan pada kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini