Share

Kenali 4 Manfaat Ajaib Ampas Kopi, Bisa Jadi Pewarna Rambut Alami

Tim Okezone, Okezone · Rabu 30 November 2022 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 611 2718073 kenali-4-manfaat-ajaib-ampas-kopi-bisa-jadi-pewarna-rambut-alami-VOLxfbal3U.jpg Ilustrasi Ampas Kopi. (Foto: Shutterstock)

SELAIN enak untuk dikonsumsi, kopi juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan kulit loh, meskipun cuma ampas. Ampas kopi memiliki beberapa manfaat untuk tubuh yang perlu diketahui.

Mulai dari pupuk tanaman, eksfoliasi kulit, hingga menjadi produk pembersih dan pengusir kutu. Jika sebelumnya Anda sering membuang begitu saja ampas kopi yang tersisa, coba simak beberapa manfaat yang Anda ketahui di bawah ini.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Selain dapat membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa ampas kopi dapat membantu untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Menetralisir Bau

Kafein dalam ampas kopi berkarbonasi dapat membantu untuk menghilangkan bau dengan menyerap molekul hidrogen sulfida dari udara. Maka itu, Anda dapat membuat ampas kopi menjadi sabun untuk menetralisir bau tak sedap di tangan maupun di sepatu.

Kopi

Bahan Eksfoliasi Kulit

Ampas kopi juga dapat digunakan sebagai bahan untuk eksfoliasi kulit secara alami. Dikarenakan ampas kopi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, membuka pori-pori, membersihkan kulit, bahkan mengurangi jerawat.

Mengurangi Kantung Bawah Mata

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan kafein dapat membantu mencegah munculnya penuaan, termasuk mengurangi adanya kantung di bawah mata.

Pewarna Rambut Alami

Seperti yang diketahui bahwa kopi itu sendiri memiliki warna yang kuat, sehingga ampas kopi juga dapat digunakan kembali sebagai pewarna alami. Pewarna ini dapat digunakan sebagai pewarna kain tauapun rambut.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini