Share

80 Kata-Kata Bijak Sunda Lengkap Dengan Artinya, Jangan Pernah Merasa Hebat

Rina Anggraeni, Okezone · Rabu 30 November 2022 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 612 2717556 80-kata-kata-bijak-sunda-lengkap-dengan-artinya-jangan-pernah-merasa-hebat-rVh1blAScP.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

80 kata-kata bijak Sunda lengkap dengan artinya menarik dibahas. Sunda merupakan salah satu adat Indonesia dari pulau Jawa.

Bahasa Sunda ini sering dipakai di wilayah Jawa Barat seperti Bandung, Garut mapun Tasikmalaya. Na, Bahasa Sunda ini memiliki beberapa kata bijak.

Sunda

Berikut 80 kata-kata bijak Sunda dirangkum dari berbagai sumber:

1. Hidup mah satungtung can bisa manfaat jang batur minimal tong ngarugikeun #eta (Hidup itu selagi belum bisa bermanfaat untuk orang lain minimal tidak merugikan #itu

2. Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor". (Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda)

3. "Hirup itu harus loba seuri, iar keliatannya teh bagja alias senang. Gitu, meskipun mah hate keur notog titajong boleksek". (Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat senang dan bahagia, meski hati sedang dalam keadaan gundah)

4. "Ulah nepika ngajadikeun cinta matak poho kana sagalana, komo nepika poho ka nu maha kawasa, asa ku kabina-bina". (Jangan sampai menjadikan cinta membuat lupa pada semuanya, apalagi sampai lupa pada yang maha kuasa)

5. "Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana". (Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya)

6. "Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh." (Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih.)

7. "Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du’a sarta ditutup ku rasa sukur." (Hidup haruslah dimulai dengan doa serta diakhiri dengan rasa syukur.)

8. "Udah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggéur katémbong masihan cahyana." (Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya)

9. "Jalmi tiasa suksés, margi gaduh seuéur cara. Sedéngkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gaduh seuéur téuing alésan." (Orang bisa sukses karena punya banyak cara. Sedangkan orang yang gagal karena dia punya banyak sekali alasan.).

10. "Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh." (Harus saling mencintai, memberi nasihat, dan mengayomi.)

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

11. "Mun geus johnamah moal kamana ieuh." (Kalau sudah jodoh tidak bakal lari ke mana)

12. Hana Nguni hana mangke, tan hana nguni tan mange, aya ma bahela aya tu ayena, henteu ma bahela henteu tu ayeuna, hana tunggak hana watang, tan hana tunggak tan hana watang, hana ma tunggulna aya tu catangna (ada dahulu ada sekarang, bila tidak ada dahulu tidak akan ada sekarang, karena ada masa silam maka ada masa kini, bila tidak ada masa silam tidak akan ada masa kini, ada tonggak tentu ada batang, bila tidak ada tonggak tidak akan ada batang, bila ada pangkal pohon tentu ada batangnya).

13. Ngeduk cikur kedah mitutur, nyokel jahe kedah micarek (kalau mau mengambil sesuatu harus seizin yang punya). Sacangred pageuh, sagolek pangkek (harus konsisten).

14. Ulah lunca linci luncat mulang udar tina tali gadang, ulah lali tina tina purwadaksina (harus mengikuti etika yang ada).

15. Nyaur kudu diukur, nyabda kudu diunggang (berbicara harus tepat, bermakna tidak asal bunyi).

16. Ulah ngaliarkeun taleus ateul (jangan menyebar fitnah atau hoaks).

17. Lain ngukur baju sasereg awak (harus objektif) Nu lain kudu dilainkeun, nu enya kudu dienyakeun (harus berbicara juju atau mengatakan yang sebenarnya).

18. Ulah taluk pedah jauh, tong hoream pedah anggang, jauh dijugjug anggang diteang (maju terus pantang mundur).

19. Dihin pinasti anyar pinanggih (Semua persitiwa sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa). Gunung teu beunang dilebur, sagara teu beunang diruksak, buyut teu beunang dirempak (Gunung tidak boleh dihancurkan, laut tidak boleh dirusak dan sejarah tidak boleh dilupakan).

20. Nimu luang tina burang (setiap peristiwa pasti ada hikmahnya). Jawadah tutung biritna, sacarana-sacarana (setiap bangsa beda adat dan kebiasaan).

21. Hirupmah tong asa aing uyah kidul sabab di alam dunyamah euweuh elmu panutup. (hidup tidak boleh merasa paling hebat sebab di dunia tak ada ilmu pamungkas).

22. Kudu seubeuh méméh dahar, kudu nepi méméh indit. (harus melihat ke depan atau berpikir sebelum melakukan suatu perbuatan).

23. . "Jaga kalakuan anjeun, ulah sombong pikeun kakuatan, jabatan atanapi kasang tukang saha anjeun." (Jagalah selalu kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan, kedudukan atau latar belakang siapa dirimu)

24. "Kudu bageur pikeun diri anjeun, kulawarga, sareng sadaya mahluk sasama anjeun. (Bersikap baiklah untuk diri sendiri, keluarga, dan semua sesama makhluk hidup)

25. "Paradaban sareng elmu sami pentingna pikeun ngudag kahirupan dunya." (Adab maupun ilmu sama pentingnya untuk mengejar kehidupan dunia)

26. "Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksésan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun urang pangaweruh." (Kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu)

27. "Gusti moal sare." (Tuhan tidak pernah tidur)

28. "Jalma anu menang nyaéta jalma anu tiasa ngontrol dirina." (Orang yang menang adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya sendiri)

29. "Asih henteu dumasar kana penampilan alus, kaéndahan raray anjeun, kabeungharan anjeun sareng karya anjeun." (Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu)

30. "Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna." (Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalannya)

31. "Kagagalan tina hiji hubungan cinta nyaeta hal anu biasa. Wanci urang bisa bangkit tina kagagalan, eta tandana urang bisa jadi jalma anu luar biasa." (Kegagalan dalam hubungan cinta adalah hal yang sangat umum. Kita bisa bangkit dari kegagalan, yang berarti kita bisa menjadi orang yang luar biasa.)

32. "Miindung ka waktu mibapa ka zaman." (Mengikuti perkembangan zaman.)

33. "Sakali salira nyarios henteu tiasa. Mangka, didinya oge salira kaleungitan kasempetan kanggo tiasa." (Sekali kamu katakan tidak bisa. Maka di sana juga kamu kehilangan kesempatan untuk bisa.)

34. "Tong gede hulu bisi teu bisa maké hélm." (jangan besar kepala nanti tidak bisa memakai helm.)

35. "Misalkeuna aya jalmi anu nyengseurikeun urang, ulah bae ngarasa ngarasula, Sabab nu diluhur mah bakalan terus masihan jalan pikeun urang." (Misalkan ada seseorang yang menertawakan kita, jangan sampai merasa terganggu dan jadi masalah, sebab Allah pasti memberikan jalan untuk kita semua.)

36. "Lamun anjen mikahayang hiji perkawis nu henteu acan kantos anjen mipiboga, mangka anjen keudah lakukeun hiji perkawis, nu heunteu acan kantos anjen pigawean." (Bila kamu menginginkan suatu yang belum pernah kamu miliki, maka kamu mesti lakukan satu hal yang belum pernah kamu kerjakan.)

37. "Harta banda ukur titipan, kade poho syukuran kanu Maha Kawasa." (Harta benda hanya titipan, jangan lupa bersyukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa)

38. "Tong ngalalaworakeun kanu jadi kolot, sabab indung tunggul rahayu bapa tangkal darajat." (Jangan menyia-nyiakan orang tua sebab ibu sumber kemakmuran dan bapak sumber derajat seorang anak)

39. "Lamun boga rejeki kudu bisa ngeureut neundeun meh isuk jaganing geto teu katalangsara." (Kalau punya rijki harus bisa menyisihkan agar besok lusa tidak kesusaha.)

40. "Jadi jelema mah kudu jujur jeung hampang birit meh loba nu mikaresep." (Jadi orang harus jujur dan rajin agar banyak orang yang menyayangimu)

41. "Kudu bisa mihapékeun manéh atau sing bisa mipahekeun diri." (Harus bisa menjaga diri dalam pergaulan atau harus pandai beradaptasi dengan lingkungan)

42. "Tata titi duduga peryoga." (Menjaga etika dan sopan santun)

43. "Moal aya haseup mun euweuh seuneu, matak oge ulah nyieun pucuk tigirang bisi nimbulkeun bancang pakewuh." (Tidak akan ada akibat kalau tidak ada sebab, makanya jangan bikin perkara takutnya akan menimbulkan masalah)

44. "Kudu boga barang sorangan ulah adéan ku kuda beureum." (Harus punya barang sendiri jangan merasa bangga dengan milik orang lain)

45. "Bawa! tong sok ridu ku tanduk, engkemah butuh." (Bawa! (barang tertentu) jangan merasa ribet nanti juga akan butuh)

46. "Sing boga pamadegan hirup, ulah jiga awi sumaér di pasir." (Harus punya pendirian jangan plin plan)

47. "Lamun jangji kudu sacangreud pageuh sagolek pangkek." (Kalau janji harus ditepati tidak boleh mencla mencle)

48. "Ulah ngumbar nafsu sabab nafsu nu matak kaduhung awak nu bakal katempuhan." (Jangan mengumbar amarah sebab amarah akan menimbulkan penyesalan dan kerugian di kemudian hari)

49. "Munding dicekel tambangna, jelema dicekel caritannana. Kudu tijin kana jangji ulah lunca linci luncat mulang udar tina tali gadang." (Kalau berbicara harus jujur dan kalau berjanji harus bisa dipegang dan jangan berkhianat)

50. "Sing daek peurih da hirupmah moal beunghar ku panyukup batur." (Harus mau berjuang sendiri meskipun sulit sebab hidup tidak akan kaya dengan pemberian orang lain

51. “Urang bageur ayeuna mah langka siga gas 3 Kg.” (Orang baik sekarang langka, seperti gas LPG 3 Kg.)

52. "Sakabeh perjalanan nu teu dihareupkeun pasti bakal sae dina palebahtung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna." (Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung.)

53. "Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho" (Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-ingat sampai lupa)

54. "Terkadang pami cinta geus melekat, ati ucing oge karasa nikmat siga coklat" (Terkadang kalau cinta sudah melekat, tai kucing pun terasa nikmat ibarat coklat.)

55. "Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh." (Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.)

56. "Hatiku bukanlah sangu sesa yang bisa kau remehkan." (Hatiku bukanlah nasi sisa yang bisa kau remehkan.)

57. "Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar dikeueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur enak ka tempona." (Cinta yang tulus itu ibarat kain sutra yang direndam 7 hari tujuh malam. Meskipun kata teman abu, tapi menurut cinta yang penting bersih dan enak dipandang.)

58. “Urang tanpamu bagaikan sangu koneng leungit karetna, ambyarrr.” (Aku tanpamu, bagaikan nasi kuning hilang karetnya, ambyarrr.)

59. “Cinta neng ka aa moal leungit-leungit sanajan neng geus kawin deui.” (Cinta neng sama abang enggak akan hilang walau neng sudah kawin lagi.)

60. “Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho.” (Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-ingat sampai lupa.)

61. “Mun boga kabogoh babari ambek, tangkeup tuluy ceulina harewosan: Ari sia turunan Angry Birds.” (Kalau punya pacar yang cepet marah, peluk terus bisikin ke kupingnya: Kamu itu keturunan Angry Birds.)

62. "Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang (hayoh mumuntil)." (Cintaku sama kamu laksana tukang bank yang lagi nagih utang (ngikutin terus).

63. “Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya saja sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos.” (Jangan diganggu, lagi sakit. Minta doanya aja biar cepet sembuh sama pengen dijenguk sambil diamplopin duit.)

64. "Hirup mah ulah sok loba kahayang lur, komo deui lamun masih menta kakolot mah." (Hidup itu jangan banyak inginnya, apalagi masih minta sama orangtua.)

65. “Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan.” (Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli.)

66. “Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas.” (Aku jomblo bukan karena nggak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas.)

67. "Sanajan urang jalma teu boga, tapi urang usaha. Daripada maneh jalma boga tapi menta ka bapa." ( Biarpun aku orang nggak punya, tapi aku usaha. Daripada kamu orang kaya, tapi minta sama bapak.)

68. "Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah." (Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.)

69. "Pasti peurih sih lamun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan." ( Pasti perih kalau diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kawan sendiri.)

70. "Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun." ( Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang.)

71. "Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia." ( Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.)

72. "Mending lila ngajomblo tuluy kawing. Daripada lila bobogahan, tapi dikawin batur" ( Lebih baik menjomblo terus nikah. Daripada lama pacaran, tapi dinikahin orang lain.)

73. "Semoga kamu cepet putus sama kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu." ( Semoga kamu cepet putus sama pacar kamu yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi yang sobek-sobek itu.)

74. "Jagaan rasa cinta nu ku anjeun boga ayena. Sabab, cinta ibaratkeun jantung. Anjeun moal pernah bisa nyaho iraha eren na." (Jagalah cinta yang kamu miliki. Sebab cinta itu seperti jantung, kamu tidak akan pernah tahu kapan berhenti berdetak.)

75. "Aya kahayang bari henteu jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor." (Kalau ada kemauan tapi tak dibarengi usaha itu sama aja ngelawak.)

76. "Kagagalan tina hiji hubungan cinta nyaeta hal anu biasa. Wanci urang bisa bangkit tina kagagalan, eta tandana urang bisa jadi jalma anu luar biasa." (Kegagalan dalam hubungan cinta adalah hal yang sangat umum. Kita bisa bangkit dari kegagalan, yang berarti kita bisa menjadi orang yang luar biasa.)

77. "Sakali salira nyarios henteu tiasa. Mangka, didinya oge salira kaleungitan kasempetan kanggo tiasa." (Sekali kamu katakan tidak bisa. Maka di sana juga kamu kehilangan kesempatan untuk bisa.)

78. "Misalkeuna aya jalmi anu nyengseurikeun urang, ulah bae ngarasa ngarasula, Sabab nu diluhur mah bakalan térus masihan jalan pikeun urang" (Misalkan ada seseorang yang menertawakan kita, jangan sampai merasa terganggu dan jadi masalah, sebab Allah pasti memberikan jalan untuk kita semua.)

79. "Lamun anjen mikahayang hiji perkawis nu henteu acan kantos anjen mipiboga, mangka anjen keudah lakukeun hiji perkawis, nu heunteu acan kantos anjen pigawean." (Bila kamu menginginkan suatu yang belum pernah kamu miliki, maka kamu mesti lakukan satu hal yang belum pernah kamu kerjakan.)

80. "Jadikeun kahirupan di dalam dunia kaya-kaya keur ngumbara atawa ngaliwat dina hiji jalan." (Jadikanlah kehidupan di dunia seperti pengembaraan atau seperti melewati suatu jalan.).

(RIN)

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini