Share

Air Kelapa vs Air Biasa, Mana yang Lebih Baik kala Olahraga?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 298 2718657 air-kelapa-vs-air-biasa-mana-yang-lebih-baik-kala-olahraga-T51iWuDGBY.jpg Ilustrasi Air Kelapa. (Foto: Shutterstock)

AIR kelapa memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, air kelapa bisa digunakan untuk mengatasi dehidrasi. Sebagai minuman santai, air kelapa memiliki kalori 45 hingga 60 kalori dalam 8 ons setiap porsinya.

Tapi, seberapa efektif konsumsi air kelapa untuk dehidrasi? Dehidrasi muncul ketika air dan elektrolit yang keluar dari tubuh melebihi jumlah air dan elektrolit yang masuk ke dalam tubuh.

Keluarnya cairan dan elektrolit ini bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya, cuaca yang terlalu panas saat kamu beraktivitas di luar ruangan, atau karena penyakit tertentu seperti diare. Tubuh manusia bisa menoleransi penurunan cairan dan elektrolit hingga 3-4% tanpa ada gangguan kesehatan.

Melansir KlikDokter, penurunan cairan dan elektrolit sebanyak 5-8% dapat menyebabkan rasa lelah dan pusing. Sedangkan, penurunan lebih dari 10% bisa mengakibatkan penurunan kesadaran hingga kematian.

Air Kelapa

Melihat bahaya dehidrasi, penting bagimu untuk mengetahui penanganannya. Mengonsumsi air kelapa dapat digunakan untuk membantu mengatasi dehidrasi. Kandungan elektrolit di dalam air kelapa bermanfaat untuk mengganti cairan dan elektrolit yang hilang dari tubuh, setelah kamu lelah berolahraga.

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit lebih banyak dibandingkan air putih. Kandungan kalium dalam air kelapa 4 kali lebih tinggi daripada 4 buah pisang. Bahkan, beberapa atlet menggunakan air kelapa sebelum berolahraga untuk mencegah dehidrasi dan setelah berolahraga untuk menggantikan cairan.

Meski begitu, sebenarnya air kelapa tidak lebih efektif daripada minuman olahraga atau air biasa. Memang, tidak ada pedoman khusus yang ditetapkan mengenai seberapa banyak air kelapa yang harus dikonsumsi.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Secara umum, idealnya seseorang mengonsumsi secara teratur 1-2 cangkir per hari. Atau, kamu dapat meminumnya secangkir setelah aktivitas berlari, dan ini sebenarnya bukan minuman olahraga standar. Kamu juga dapat mencampur air kelapa dengan buah untuk membuat smoothies, atau mencampurkan perasan lemon ke dalam air kelapa.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan, jika dehidrasi yang kamu alami terjadi karena diare, segera periksakan ke dokter. Karena diare tersebut tidak bisa diatasi dengan hanya minum air kelapa.

Air kelapa hanya digunakan untuk mengatasi dehidrasi ringan dan sedang. Sementara untuk dehidrasi yang tergolong berat, harus segera ditangani oleh dokter dan memperoleh pengobatan di rumah sakit. Salah satu cara mengatasi dehidrasi ringan hingga sedang adalah dengan minum air kelapa yang kaya akan elektrolit. Namun jika kamu mengalami dehidrasi berat, segera periksa ke dokter.

Ingatlah untuk minum air kelapa secukupnya. Pilih juga varietas tanpa pemanis dan tanpa aditif. Hentikan konsumsi air kelapa bila memicu diare atau ketidaknyamanan pada pencernaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini