Share

Berkaca pada Masalah Musdalifah, Ini 5 Cara Pertahankan Rumah Tangga dengan Pasangan Terpaut Usia Jauh!

Vivin Lizetha, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 612 2718301 berkaca-pada-masalah-musdalifah-ini-5-cara-pertahankan-rumah-tangga-dengan-pasangan-terpaut-usia-jauh-C2UsjTSCdu.jpg Ilustrasi pernikahan terpaut usia jauh. (foto: Calm Sage)

PERBEDAAN terpaut usia jauh dalam berumah tangga sudah biasa terjadi. Hal ini karena cinta itu buta tanpa memandang usia.

Seperti yang terjadi pada pasangan Muzdalifah dan Fadel Islami. Perbedaan usia mereka cukup jauh yaitu 15 tahun. Dalam sebuah wawancara di Youtube, Muzdalifah mengaku menjalani rumah tangga bersama suami yang lebih muda cukup sulit.

 Muzdalifah dan Fadel Islami

Terlebih perbedaan usia juga menjadikan keinginan masing-masing pihak juga berbeda.

"Dikata ya memang susah yah karena keinginan diri kita dan pasangan kita beda umur, pasti ada perbedaan" kata Muzdalifah, dikutip dari YouTube Melaney Ricardo, Kamis (1/12/2022).

Berkaca pada kondisi rumah tangga yang dijalani Muzdalifah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar hubungan pernikahan tetap langgeng meski terpaut usia yang jauh. Dikutip dari Brides, berikut ulasannya untuk Anda.

1. Saling berbagi harapan

Komunikasi adalah kunci yang paling utama dalam menjalin suatu hubungan. Untuk itu, saling berbicara tentang harapan satu sama lain dapat membuat hubungan memiliki titik temu. Misalnya, pasangan tua ingin segera punya anak, namun pasangan muda ingin menunda. Maka harus dicari jalan tengah untuk menyelesaikan ketidak sejalanan itu. Agar tidak menimbulkan masalah di kemudian harinya.

 

2. Menerima perbedaan

Rambut boleh sama hitam, namun isi kepala tentu akan berbeda masing-masingnya. Jadi akan ada banyak perbedaan pandangan dan perspektif pada setiap orang. Jika salah satu ingin menjaga karir, maka pasangan lain harus mendukung dan menyesuaikan dengan pola kehidupannya. Itulah yang terjadi dalam berumah tangga.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

3. Dewasa itu relatif

Jangan menganggap "anak kecil" pasangan yang berusia lebih muda. Hal ini karena pernikahan harus terjalin dengan orang-orang yang bersikap "dewasa." Jangan terlalu menggurui, menganggap enteng, dan lain sebagainya. Sebaliknya, jangan menganggap pasangan yang tua adalah orang yang kolot dan kuno. Usia bukan satu-satunya tolak ukur untuk melihat seseorang dewasa atau tidak.

4. Berikan ruang

Pasangan yang lebih muda biasanya memiliki semangat untuk berkumpul dengan teman-teman seusianya. Begitu pula pasangan yang lebih tua, juga harus aktif ikut kegiatan dengan kelompok yang tidak melibatkan pasangannya. Ini untuk membangun kehidupan sendiri-sendiri, agar tidak jenuh berumah tangga.

5. Hormati pernikahan

Tak selamanya pertengkaran dalam hubungan terpaut usia jauh itu diakibatkan perbedaan usia di antara Anda dan pasangan. Emosi saat bertengkar muncul tanpa melihat usia, jenis kelamin ataupun budaya. Karena pasangan yang memiliki usia dengan jarak dekat pun juga mengalami pertengkaran. Jadi, temukan akar permasalahan, dan jangan selalu mengaitkannya dengan faktor usia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini