Share

Pentingnya Peluk Anak ketika Menangis untuk Perkuat Bonding Ibu-Anak

Syifa Fauziah, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 612 2718450 pentingnya-peluk-anak-ketika-menangis-untuk-perkuat-bonding-ibu-anak-YTsqHbHMq2.jpeg Ilustrasi Ibu dan Anak. (Foto: Freepik)

BONDING antara ibu dan anak memang sangat penting bagi perkembangan sang bayi, baik fisik maupun mental. Ketika bayi mendapatkan apa yang ia butuhkan dari ibu seperti senyuman, sentuhan, atau pelukan, maka ia akan merasa dunia adalah tempat aman dan nyaman untuknya. 

Bidan, praktisi hypobirthing, prenatal & postnatal yoga, Jamilatus Sadiyah mengatakan selain memberikan ASI, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun ikatan kuat antara ibu dan anak.

“Yang pasti ibu harus sering menyentuh dan memeluk si kecil karena dia merasa nyaman. Terus berikan respon ketika dia nangis, itu akan bikin mereka merasa nyaman,” ujar Jamilatus dalam keterangan resminya, Kamis (1/12/2022). 

Ibu dan anak

Hal yang tak kalah penting lagi adalah selalu mengajak bicara si kecil agar dia mengenali suara dan bahasa si ibu. Dan jangan lupa, untuk menyanyikan si kecil agar senang.

“Dan yang terpenting, perhatikan kebutuhan si kecil dengan tulus dan cinta, termasuk dalam hal pemilihan produk perawatan untuknya,” jelasnya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Jamilatus mengatakan kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga pemilihan produk perawatan untuk bayi tidak boleh salah pilih. Selain itu gunakan produk skincare yang lengkap agar kulit bayi tetap sehat.

“Sebelum memilih produk, lihat kandungannya dulu. Seperti natural oil dan ekstrak herbal, hypoallergenic fragrances, dan dermatologically tested,” jelasnya.

Dengan demikian, kulit bayi pun tetap terlindungi dan ternutrisi sejak dia lahir. Dan orangtua menjadi lebih tenang merawat si kecil sehingga akan membantu memperkuat bonding dengannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini