Share

Suka Tutupi Jerawat dengan Concealer? Malah Jadi Makin Parah Loh

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Jum'at 02 Desember 2022 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 611 2719470 suka-tutupi-jerawat-dengan-concealer-malah-jadi-makin-parah-loh-500CLIEVrk.jpg Ilustrasi Jerawat. (Foto: Shutterstock)

SELAIN membuat rasa nyeri di wajah, keberadaan jerawat memang bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Oleh karena itu, beberapa orang lebih memilih menutup atau menyamarkan jerawat dengan concealer.

Tapi, menutupi jerawat dengan concealer atau foundation justru dapat membuat jerawat semakin banyak, demikian penjelasan Dokter Spesialis Kulit lulusan Universitas Indonesia Dr. Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FAADV.

“Karena saya perempuan ya, saya mengerti sekali misal kita mau arisan, kita jerawatan, solusinya kita tutupin saja ya,” kata Margaretha Indah Maharani yang biasa disapa Rani seperti dilansir dari Antara.

Jerawat

“Untuk sekali dua kali, untuk hari itu kita butuh performance, menurut saya nggak apa-apa. Karena kan kita juga butuh tampil. Tapi kalau untuk daily activity, anak kampus sekarang juga udah banyak pake foundation, pakai concealer, itu jangan. Pasti nambah jerawatan,” sambungnya.

Rani menjelaskan, dengan menggunakan concealer, foundation maupun BB Cream hingga primer, jenis-jenis makeup ini dapat meningkatkan sumbatan pada pori-pori kulit. Jika pori-pori makin tersumbat, maka jerawat pun dapat semakin banyak. Oleh sebab itu, Rani pun menyarankan agar masyarakat lebih fokus untuk mengobati daripada sekedar menutupi jerawat.

“Karena dengan pakai makeup yang sifatnya menutup, misalnya concealer, foundation, BB Cream, primer atau segala macam akan meningkatkan sumbatan. Jadi semakin jerawatan. Jadi yang betul jangan ditutupin. Tapi disembuhin,” paparnya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Tak hanya menutupi, sebagian besar masyarakat yang berjerawat juga sering mencuci muka. Sebab mereka berpikir bahwa dengan demikian maka jerawat pun akan cepat sembuh. Akan tetapi menurut Rani, hal tersebut justru tidak benar. Mencuci muka terlalu sering justru akan membuat kulit semakin mudah mengalami inflamasi.

“Kesalahan orang itu sering mikir dia jerawatan, mukanya kotor, jadi cuci muka terlalu sering. Itu salah. Justru itu akan membuat kulit semakin mudah inflamasi. Karena sabun dan air itu sendiri akan meningkatkan reaksi iritasi ringan. Kalau terus menerus juga jadi berat,” ungkap Rani.

“Jadi sebenarnya cuci muka itu baiknya dua sampai empat kali itu cukup. Kalau kita sholat pun tidak harus cuci muka pakai sabun. Wudhu dengan air saja cukup,” lanjutnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini