Share

Sederet Strategi MNC Peduli Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur agar Cepat dan Tepat Sasaran

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Sabtu 03 Desember 2022 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 612 2720014 sederet-strategi-mnc-peduli-salurkan-bantuan-untuk-korban-gempa-cianjur-agar-cepat-dan-tepat-sasaran-a9XKrnKEFU.JPG Tengku Havid, Head of CSR MNC Group (Foto: Youtube Partai Perindo)

MNC Peduli secara aktif dan bergerak cepat untuk menyalurkan bantuan kepada para korban gempa Cianjur, Jawa Barat yang sampai saat ini masih harus mengungsi.

Bantuan yang diberikan berupa berbagai kebutuhan pokok harian, yang dapat langsung didistibusikan untuk para korban yang mengungsi di beberapa titik wilayah Cianjur.

Head of CSR MNC Group, Tengku Havid mengungkapkan, bentuk bantuan yang diberikan oleh MNC Peduli sendiri, adalah kebutuhan yang memang sangat diperlukan dan bisa didistribusikan secara cepat.

“Kita bawa stok yang ada secepatnya bisa kita bawa, yaitu pastinya sembako dan air atau minuman energi lalu sesuatu yang bisa dikonsumsi, yang dibutuhkan dan kemudian bisa didistribusikan dengan cepat,” ujar Tengku Havid, dalam siaran Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, “Mari Bersatu Padu Bantu Korban Gempa Cianjur”, dikutip dari kanal Youtube Partai Perindo, Sabtu, (3/12/2022).

Havid memamaparkan, tak berbeda ketika menyalurkan bantuan bagi para korban beberapa gempa yang pernah terjadi sebelumnya di Indonesia. Dalam penyaluran bantuan kepada para korban gempa bumi Cianju ini, tim MNC Peduli melaksanakan beberapa koordinasi yang cukup matang dengan sigap dan cepat.

“Jadi sesuai arahan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, bahwa tim MNC Peduli itu harus sigap dan cepat dalam membantu saudara-saudara kita yang dapat musibah, terutama musibah seperti bencana alami,” imbuhnya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Ia menambahkan, belajar dari pengalaman saat menyalurkan bantuan korban gempa sebelum-sebelumnya, tim MNC Peduli juga telah mempersiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan hingga yang terburuk, yang akan terjadi saat menyalurkan bantuan ke titik-titik lokasi.

“Kami biasanya kalau yang besar-besar ini, pengalaman kami di Palu, di Lombok, atau di Pandeglang. Setelah kejadian, kami tim kita di lapangan, kalau mereka susah dihubungi, berarti kita antisipasi bahwa di sana mati lampu atau mereka juga kena atau segala macam,” jelas Havid.

Maka dari itu, tim MNC Peduli di pusat tetap bergerak cepat, ketika sudah dapat jaringan komunikasi, tim akan langsung bergerak, secepatnya berangkat dengan membawa bantuan yang memang sudah disiapkan untuk keadaan darurat.

Strategi dalam memberikan bantuan terhadap korban gempa tersebut yang pertama yakni dengan mempersiapkan logistik secara matang yang sifatnya siap saji. Selanjutnya, dilakukan strategi kedua terkait persiapan akses yang akan dilalui tim MNC Peduli untuk bisa sampai ke lokasi bencana.

“Kedua, kami harus liat aksesnya, dan di sana kami siapa yang memandu, karena kalau tidak ada orang yang lebih profesional ya itu kan bisa membahayakan jiwa juga kan kalau kita asal masuk blusukan, jadi seperti disana kami memandu,“ kata Havid lagi.

Selain itu, tim MNC Peduli juga punya tiga cara agar bantuan untuk para korban bencana bisa merata dan terdistribusi dengan baik. Pertama langsung didistribusikan sendiri oleh tim MNC Peduli, namun jika dalam skala besar maka proses distribusi akan melalui posko posko resmi seperti yang dikelola oleh TNI supaya tepat sasaran.

“Ketiga, mungkin kita bisa minta bantuan relawan-relawan di sana yang bisa mengantarkan dalam skala yang kecil, karena di sana kan banyak sekali yang susah dijangkau,” tutup Havid. 

 BACA JUGA:Kemenparekraf dan MNC Peduli Gelar Donor Darah Aksi Sosial Natal, Wamen Angela Tanoesoedibjo: Peserta Donor Darah Dalam Kondisi Sehat

BACA JUGA:Kemenparekraf dan MNC Peduli Gelar Donor Darah Aksi Sosial Natal

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini