Share

Bangga! Atlet Basket NBA Justin Holiday Kenakan Batik Indonesia

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 05 Desember 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 194 2720606 bangga-atlet-basket-nba-justin-holiday-kenakan-batik-indonesia-0zSvSAggO4.jpg Atlet NBA kenakan bomber jacket karya anak bangsa. (foto: Istimewa)

KABAR membanggakan datang dari Chicago, Amerika Serikat. Pasalnya, seorang atlet NBA, Justin Holiday terlihat mengenakan bomber jacket batik karya desainer Indonesia, Ai Syarif.

Informasi ini diterima secara langsung oleh MNC Portal, Senin (5/12/2022). Justin Holiday bahkan ditunjuk sebagai Batik Ambassador for Amerika Serikat.


 Jaket batik karya anak bangsa

"Saya sangat bangga. Saya ini hanya orang biasa, namun Indonesia memberikan kesempatan yang luar biasa untuk saya bisa memperkenalkan batik di Amerika Serikat, khususnya di NBA," kata Justin dalam Webinar, pagi ini (5/12).

Justin Holiday berkesempatan menjajal koleksi bomber jacket batik karya Ai Syarif. Item fashion tersebut dipadukan dengan celana dengan motif serupa.

Ada kisah menarik di balik batik yang dikenakan Justin Holiday. Menurut Ai Syarif, proses produksinya memakan waktu kurang lebih 4 bulan. Awalnya motif batik dibuat secara cap di Bangka Belitung, lalu kemudian diproses di Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

"Pembuat batiknya adalah Wahono, dia berhasil menjuarai kompetisi batik yang diselenggarakan KJRI Chicago," terang Ai di momen yang sama.

Untuk detail koleksi khusus Justin Holiday, Ai mendapatkan tinggi badan dari pihak KJRI Chicago. Itu yang membuat produk batik yang dikenakan Justin Holiday sangat personal.

"Bahkan, kami sematkan ukiran tangan khusus untuk Justin Holiday di koleksi bomber jacket batiknya tersebut," tambah Ai.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Menariknya lagi, ada makna di balik motif yang terdapat pada bomber jacket itu. Itu berkaitan dengan persahabatan antara Amerika Serikat dengan Indonesia yang dituangkan dalam konsep Arjuna dan Krisna.

Arjuna melambangkan pengetahuan dan Krisna melambangkan kebijaksanaan. Dua hal ini amat penting dalam kehidupan seorang manusia dan itu yang coba digambarkan dalam motif batik yang dibuat untuk Justin Holiday.

"Pewayangan Krisna dan Arjuna adalah satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan dan itu yang kami harapkan dari persahabatan antara Indonesia dengan Amerika Serikat," tambah Wahono.

Selain itu, ada simbol 'lung' yang merupakan ujung daun muda. Artinya, simbol relasi sosial. Daun sirih yang ada di bagian tengah dimaksudkan sebagai rasa cinta dan kasih.

"Jadi, kebijakan, ilmu pengetahuan, cinta kasih, dan relasi sosial adalah entitas yang harus dibangun Indonesia dengan Amerika Serikat sebagai jembatan persahabatan," sambung Wahono.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini