Share

5 Hal Positif ketika Kamu Tidur 8 Jam, Apa Saja?

Tim Okezone, Okezone · Senin 05 Desember 2022 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 612 2721085 5-hal-positif-ketika-kamu-tidur-8-jam-apa-saja-xKTLWJv4hm.jpg Ilustrasi Tips Tidur. (Foto: Freepik)

TIDUR merupakan salah satu siklus biologis manusia yang tidak boleh dilewatkan. Kurang tidur akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh, apalagi kalau untuk jangka panjang.

Menurut penelitian pada 2018 terhadap 10.000 orang, kemampuan tubuh untuk berfungsi menurun jika tidur malam tidak mencapai tujuh hingga delapan jam. Ahli menemukan bahwa kemampuan verbal ataupun secara keseluruhan akan menurun.

Tidur cukup selama delapan jam terkadang sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal tidur cukup itu sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Setiap manusia setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama delapan jam agar kesehatannya terjaga. Sebenarnya apa saja manfaat tidur selama delapan jam itu?

Tidur

Kecerdasan Otak Lebih Optimal

Apabila Anda tidur dengan cukup, fungsi otak niscaya dapat bekerja dengan optimal karena saat tidur, fungsi kognitif otak yang berfungsi dalam belajar dan mengingat mempunyai waktu yang cukup untuk menyimpannya.

Perasaan Senang

Tidur yang cukup juga berpengaruh pada perasaan Anda. Jika Anda tidur dengan cukup, Anda mengawali hari dengan keadaan segar dan kegiatan terasa menyenangkan. Sementara itu, apabila Anda kurang tidur, dapat mengakibatkan lelah dan lebih mudah untuk stress.

Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Saat Anda tidur, sistem imun akan melepas sitokin, yaitu komponen yang melindungi sistem imun. Apabila Anda tidur dengan cukup, maka komponen ini akan bekerja dengan baik.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Terhindar dari Makan Malam

Jika Anda kurang tidur, biasanya akan ada aktivitas malam untuk mengisi kebosanan seperti makan tengah malam. Makan tengah malam dapat mengakibatkan kelemahan dalam mengontrol nafsu makan, sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Tidur yang cukup dapat membantu Anda untuk terhindar dari penyakit jantung. Setiap organ di dalam tubuh memiliki perannya masing-masing dalam waktu tertentu. Maka dari itu, tidur yang cukup dapat menentukan kapan setiap organ tubuh bekerja dan kapan waktu masing-masing organ beristirahat.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini