Share

Bangga! Produk UMKM Fashion dan Perhiasan Lokal Disukai di Pasar Internasional

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 194 2721738 bangga-produk-umkm-fashion-dan-perhiasan-lokal-disukai-di-pasar-internasional-XbC9wTClSy.JPG produk perhiasan UMKM lokal, (Foto: MPI/Sukardi)

SEBAGIAN masyarakat mungkin masih tak berminat, melihat sebelah mata produk UMKM dan perhiasan buatan lokal.

Padahal, produk fashion lokal tak usah diragukan lagi kualitasnya, apalagi yang menonjolkan keindahan wastra Nusantara. Bukan hanya material yang begitu indah, tapi juga berkualitas.

Wastra Nusantara itu memiliki filosofi yang indah juga dari setiap motif yang terukir di kainnya. Hal ini membuat produk fashion dengan wastra Nusantara sudah layak go internasional.

"Menurut kami, produk UMKM yang sudah layak go internasional adalah fashion dan jewelry," kata Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi DKI Jakarta, Endah Ansoroeddin kala ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2022).

"Produk fashion dan jewelry karya pengrajin UMKM itu kuat di desain, cerita di balik pembuatannya, pun pengemasannya. Semakin kreatif namun tetap menonjolkan keindahan Indonesia, itu yang lebih disukai," tambahnya.

 

(Foto: MPI/ Sukardi)

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Hal serupa juga berlaku untuk produk perhiasan, yang banyak dibuat dari hasil kekayaan alam di Indonesia. Bukan hanya aterial batu yang begitu indah, tapi motif atau ukiran yang ada di perhiasan yang jadi kekuatan utamanya, mampu menarik minat pasar internasional.

Diungkap tokoh wanita berpengaruh, Dewi Motik, perhiasan dan produk fesyen Indonesia sangat disukai pasar Internasional.

(Foto: MPI/ Sukardi)

"Khususnya Arab Saudi, Timur Tengah, dan Afrika. Mereka suka produknya Indonesia," ungkapnya bangga.

 BACA JUGA:Sepatu Platform hingga Tabrak Motif, Tren Fesyen yang Warnai Tren Sepanjang 2022

BACA JUGA:Potret Ganteng Sehun EXO Hadiri Fesyen Show Dior di Mesir, Merekah bak Taman Bunga

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini