Share

8 Tips Atasi Ketombe bagi Ukhti Berhijab

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 611 2721720 8-tips-atasi-ketombe-bagi-ukhti-berhijab-ucUI3Bzq8K.jpg Ilustrasi Hijabers. (Foto: Shutterstock)

KETOMBE dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Pada wanita berhijab, kemungkinan muncul ketombe semakin meningkat karena kondisi kepala yang tertutup sepanjang hari.

Sebenarnya, ketombe tidak hanya terjadi di kulit kepala, ketombe juga dapat timbul di sekitar telinga, alis, dada, dan punggung. Kondisi ini disebabkan oleh jamur yang disebut Malassezia.

Maka dari itu, perawatan rambut untuk wanita berhijab tak jarang membutuhkan langkah-langkah ekstra.Berikut adalah beberapa cara mengatasi ketombe untuk wanita berhijab yang bisa dilakukan, seperti dilansir dari KlikDokter.

Kelola Stres dengan Baik

Terlalu banyak pikiran atau stres dapat memengaruhi kesehatanmu, tak terkecuali kesehatan rambut dan kulit kepala. Stres ini bisa memicu timbulnya ketombe dan memperparah kondisi. Selain mencoba untuk mengelola stres psikologis, kamu juga perlu mengurangi stres pada rambut dan kulit kepala. Misalnya dengan tidak menggunakan dalaman hijab yang terlalu ketat, atau memilih kain hijab yang mudah menyerap keringat.

Hijab

Sempatkan Kepala untuk Terpapar Sinar Matahari

Selalu sempatkan kepalamu untuk mendapat paparan sinar matahari di pagi hari. Setelah keramas, sebelum menggunakan hijab sepanjang hari, kamu harus benar-benar mengeringkan rambut.

Lalu, cobalah untuk duduk di bawah jendela dan biarkan sinar matahari yang masuk ke kamarmu ikut menerpa kulit kepala. Namun, kamu harus memperhatikan dosis dari sinar matahari ini. Sebab terlalu banyak terpapar sinar matahari pun tak baik. Paparan sinar ultraviolet berlebih dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Keramas secara Teratur

Untuk mengatasi ketombe pada wanita berhijab, cara yang satu ini amat penting. Mengapa demikian? Memproduksi minyak merupakan fungsi normal dari kulit kepala. Nah, jika tidak rutin dibersihkan, maka minyak yang menumpuk di kulit kepala dapat memerangkap kotoran bahkan kuman. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya berbagai keluhan di kulit kepala, termasuk ketombe.

Pilih Sampo yang Tepat

Bagi wanita yang punya kulit kepala berminyak, usahakan untuk keramas setiap hari agar minyak tak bertumpuk di kulit kepala. Kamu juga harus menggunakan produk sampo yang sesuai dengan kulit kepalamu.

Ada beberapa jenis sampo yang memiliki kandungan ampuh untuk mengusir ketombe. Misalnya, sampo zinc pyrithione. Jenis sampo ini mengandung zat antibakteri dan antijamur yang berfungsi mengurangi jamur di kulit kepala.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Keringkan Rambut dengan Saksama

Kesalahan yang kerap dilakukan wanita berkerudung adalah langsung memakai kerudungnya saat rambut belum sepenuhnya kering. Pastikan kamu telah mengeringkan rambut dengan baik sebelum memakai hijab. Karena rambut basah akan menyebabkan kulit kepala menjadi lembap. Kelembapan inilah yang berisiko menimbulkan ketombe.

Pilih Bahan Kerudung yang Tepat

Cara ini tak kalah penting untuk menghilangkan ketombe bagi mereka yang berhijab. Kerudung berbahan katun atau sutra dapat membantu menjaga sirkulasi udara yang baik di area kepala, sehingga tidak mudah berkeringat. Tentunya, hal ini akan mencegah kulit kepala menjadi gatal dan menghindari munculnya ketombe.

Perbanyak Konsumsi Omega-3

Perhatikan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Cobalah untuk memperbanyak omega-3. Asam lemak omega-3 berperan penting bagi tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan jantung, sistem kekebalan, serta kulit.

Omega-3 ini mampu menjaga hidrasi kulit dan produksi minyak alami kulit, bahkan mempercepat penyembuhan luka. Kekurangan omega-3 dapat menimbulkan masalah kulit seperti kulit kering, rambut kering, hingga ketombe. Kamu bisa memperoleh omega-3 dari ikan salmon, ikan mackerel, chia seeds, flax seeds, dan kacang-kacangan lainnya.

Hindari Menggaruk Kulit Kepala

Cara lainnya untuk mengatasi ketombe pada wanita berhijab adalah dengan tidak menggaruk kulit kepala! Saat ketombe sedang menyerang, rasanya tangan tidak tahan untuk menggaruk. Namun, sebaiknya kebiasaan ini dihilangkan dari sekarang.

Menggaruk kulit kepala mungkin akan membuatmu nyaman sesaat, tetapi hal itu justru akan mencetuskan peradangan dan iritasi. Terlebih jika kukumu tajam dan panjang. Luka kecil pada kulit kepala berisiko mengakibatkan peradangan dan infeksi. Akibatnya, ketombe yang kamu alami dapat bertambah berat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini