Share

Makna Prosesi Bleketepe yang Akan Dipasang di Prosesi Pernikahan Kaesang Pangarep

Syifa Fauziah, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 612 2721371 makna-prosesi-bleketepe-yang-akan-dipasang-di-prosesi-pernikahan-kaesang-pangarep-iGdpK8cTlu.jpg Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (foto: Instagram)

PUTRA bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan menggelar akad nikah pada 10 Desember 2022 di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Jelang hari bahagianya, Kaesang menjalani serangkaian acara pernikahan yang kental dengan adat Jawa. Salah satunya adalah Bleketepe yang akan dipasang Jokowi di prosesi pernikahan anaknya pada 9 Desember 2022 nanti.

 Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Bagi masyarakat awam pastinya bertanya-tanya tentang Bleketepe itu. Bleketepe sendiri merupakan anyaman yang terbuat dari daun pohon kelapa yang masih hijau. Bisanya Bleketepe memiliki ukuran 50 cm x 200 cm.

Bleketepe nantinya akan dipasang di janur kuning yang mengelilingi area pernikahan, di mana hal ini adalah bentuk perwujudan suatu tempat penyucian di kahyangan para dewa yang dinamakan Bale Ketapi.

Lantas sebenarnya, apa sih makna dan filosofi dari Bleketepe? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/12/2022).

1. Sebagai ritual menyucikan diri

Bleketepe ini sebagai simbol penyucian diri. Ketika Bleketepe dipasang, tamu yang datang ke tempat pernikahan diahraokan dalam keadaan bersih secara lahir dan batin. Selain itu juga agar tamu yang dayang bisa memancarkan sinar harapan kepada pengantin dan keluarga.

2. Penyucian lokasi

Selain itu, Bleketepe kiha dapat membantu menyucikan lokasi area pernikahan. Pastinya hal itu dilakukan agar acara pernikahan bisa berjalan lancar hingga acara selesai.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

3. Menolak bala

Ritual Bleketepe yang biasa dilakukan oleh orang Jawa juga diharapkan agar acara pernikahan berjalan lancar dan terbebas dari hal-hal buruk.

Tak hanya itu, Bleketepe juga diyakini dapat menghindarkan calon pengantin dan keluarga dari segala marabahaya dan niatan jahat, baik yang kelihatan maupun tidak.

4. Menjadi sebuah harapan

Biasanya di sekitar Bleketepe dipasang hiasan seperti pisang raja, janur, daun alang-alang, dan daun opo-opo. Hiasan ini ternyata memiliki makna mendalam lho.

Misalnya saja pisang raja yang memiliki makna pengantin dapat diberikan kemuliaan seperti raja, janur kuning memiliki melambangkan cita-cita yang tinggi, alang-alang sebagai simbol rintangan dan daun opo-opo bermakna harapan agar tidak terjadi hal buruk selama prosesi pernikahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini