Share

Ricky Rizal Dituduh Beri Kesaksian Palsu dalam Persidangan, Ini 5 Ciri-ciri Orang Berbohong!

Vivin Lizetha, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 612 2721538 ricky-rizal-dituduh-beri-kesaksian-palsu-dalam-persidangan-ini-5-ciri-ciri-orang-berbohong-jnwzbVEGO0.jpg Ricky Rizal dituduh beri kesaksian palsu. (foto: MPI)

PERSIDANGAN kasus pembunuhan Brigadir Joshua Hutabarat masih terus bergulir. Sebuah video yang memperlihatkan momen di persidangan beredar di media sosial dan menjadi viral.

Dalam video tampak salah satu tersangka, Ricky Rizal Wibowo tengah menjadi saksi dalam persidangan. Tapi sang hakim memarahinya karena diduga memberikan kesaksian palsu.

 ciri orang berbohong

"Kamu berkorban masa depan anak-anakmu untuk nutupin ini semua, sampai hari ini kamu masih nutupin kaya gini. Seolah saya percaya cerita kamu, dari tadi saya diemin saja cerita kamu. Saya tahu kapan kamu bohong kapan enggak. Cerita kamu enggak masuk di akal semua," ujar Ketua majelis hakim, Wahyu Iman Santoso di persidangan.

Dikutip dari Forensicscolleges, ada beberapa ciri-ciri seseorang tengah berbohong. Berikut ulasannya.

1. Perubahan pola bicara

Salah satu tanda yang menunjukkan seseorang mungkin tidak mengatakan yang sebenarnya adalah ucapan yang tidak teratur.

2. Gestur yang tidak sama

Misalnya mengatakan "tidak" tapi dia mengangguk. Maka, kebenaran cenderung berada pada gerakan yang ditimbulkan seseorang pada saat berbicara.

3. Tidak punya cerita detail

Jika seseorang berbohong, ia hanya memiliki sedikit cerita yang runtut. Terkadang peneliti mulai mencari cara dengan meminta orang untuk menceritakan kejadian secara terbalik.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Terlalu banyak bicara

pembohong mencoba menipu kebenaran dengan terlalu banyak kata. Karena pembohong seperti itu mungkin mengada-ada, mereka juga cenderung menambahkan detail yang berlebihan untuk meyakinkan diri mereka sendiri atau orang lain tentang apa yang mereka katakan.

5. Arah mata

Ada banyak studi tentang kontak mata. Namun tidak diketahui mana yang benar-benar ampuh untuk mendeteksi kebohongan. Misalnya, orang yang tidak bisa melakukan kontak mata, bisa dicurigai berbohong. Namun ada juga yang berpandangan, orang yang mempertahankan kontak mata, 70 persen juga melakukan kebohongan. Nah lho!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini