Share

Keren! 30 Juta Perempuan Indonesia Mandiri Jadi Pengusaha UMKM

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 612 2721660 keren-30-juta-perempuan-indonesia-mandiri-jadi-pengusaha-umkm-dlcPG3Rx8q.JPG produk UMKM Indonesia, (Foto: MPI/Sukardi)

DUNIA bisnis yang mungkin dulu identik lebih didominasi oleh kaum pria, kini mulai memperlihatkan kesetaraan gender di dalamnya. 

Terbukti dari makin banyak perempuan Indonesia yang mandiri, berbinis menjadi pemilik usaha UMKM Catatan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, menyebutkan sebanyak 50 persen dari 60 juta pengusaha UMKM di Indonesia adalah perempuan.

Ini artinya, makin banyak perempuan yang memainkan peran penting dalam sektor kehidupan, bisa membangun generasi masa depan yang jauh lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup di masa depan.

Meski berkarir, disampaikan Ketua Umum DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi DKI Jakarta Endah Ansoroeddin, saat ini perempuan banyak yang berkarier tapi tetap bisa mengutamakan keluarga.

"Buat perempuan di luar sana yang mau berkegiatan, lakukan sesuatu yang bermanfaat dan kalau bisa bernilai ekonomi. Kita perempuan juga mampu asal mau terus belajar," katanya saat ditemui di acara Rapat Kerja Daerah IV DPD IWAPI DKI Jakarta, Selasa (6/12/2022).

 

(Foto: MPI/ Sukardi)

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Tidak hanya mau belajar, langkah lain yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis yang menghasilkan adalah dengan membuka diri dan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Salah satunya dengan melek dunia digital yang saat ini sangat penting dan berpengaruh untuk promosi produk usaha.

"Dengan begitu, usaha yang dijalani bisa lancar. Ini sekaligus membuat kualitas perempuan bertambah, sehingga tidak dipandang sebelah mata," tambahnya.

"Perempuan pengusaha itu harus mempunyai mental yang kuat, terus berinovasi, dan tidak berhenti belajar dan kreatif dalam menciptakan produk yang bernilai ekonomi," tegas Endah.

 BACA JUGA:Bakal Nyanyi di Pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran: Pagi 5 Lagu, Malam 5 Lagu

BACA JUGA:Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Siap Gelar Pengajian Jelang Pernikahan, Ini yang Harus Dipersiapkan

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini