Share

Anak Tidur Berpindah-pindah Tempat Sebenarnya Bahaya Gak Sih?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 612 2721666 anak-tidur-berpindah-pindah-tempat-sebenarnya-bahaya-gak-sih-LsfsRlKqZd.jpg Ilustrasi Bayi Tidur. (Foto: Shutterstock)

KETIKA tidur, balita memang posisi tidurnya kerap berubah-ubah. Bahkan, terkadang kita melihat posisi tidurnya tidak nyaman atau bahkan berbahaya. Posisi tidur bayi memang bisa membuat orangtua khawatir. Hal ini dikarenakan anak berisiko terjatuh dari kasur, lantaran terlalu mudah bergerak saat tidur.

Sebenarnya anak berpindah tempat saat tidur adalah hal yang normal dan tidak perlu dipusingkan. Semakin usia anak bertambah, biasanya kebiasaan tidur lasak ini akan berkurang atau bahkan hilang.

Tapi, tetap ada orangtua pantas khawatir kalau anak balita sering pindah-pindah posisi saat tidur, apalagi jika itu membahayakannya. Oleh sebab itu, orangtua harus memberikan pengamanan ekstra. Misalnya letakkan bed rail di sekitar ranjang guna mencegah anak jatuh.

Anak Tidur

Bed rail juga bisa berupa bantal atau guling yang ditata mengelilingi anak, supaya tubuhnya aman selama di kasur. Selama posisi pindah-pindahnya itu hanya di ranjang, misalnya kepala di bawah, kaki di atas, atau yang lainnya, sebenarnya tidak masalah.

Hal yang berbahaya adalah jika anak sleepwalking, di mana mereka tidur sambil jalan dan pindah ke tempat lain tanpa disadari. Selain itu, beberapa gejala yang perlu orangtua waspadai adalah insomnia, night terrors (menangis atau menjerit saat tidur), dan restless leg syndrome.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Supaya bisa mengurangi tidur lasak pada anak, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Berikut tipsnya, seperti dilansir dari KlikDokter:

- Buat suasana kamar senyaman mungkin. Perhatikan suhu dan cahaya kamar. Setel suhu ruangan sejuk dan cahaya tidak terlalu terang (remang-remang).

- Konsisten pada waktu tidur yang ditentukan. Apabila pukul 8 malam adalah jam tidur, segera ajak anak tidur.

- Mematikan gadget, lebih baik bacakan dongeng atau cerita.

- Batasi jam tidur siang, perbanyak aktivitas di pagi-sore karena ini akan membuat mereka lelah dan tidur lebih cepat.

- Mandi air hangat akan membantu anak rileks dan bersiap untuk pergi tidur.

Anak-anak memang suka tidur lasak atau berpindah-pindah posisi. Ini merupakan hal yang normal pada anak di bawah 5 tahun. Yang bisa orangtua lakukan adalah membantu anak agar tidur lebih tenang dan nyenyak dengan cara-cara di atas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini