Share

Demi Kelancaran Pernikahan Kaesang-Erina, Pedagang Pasar Gede dan Seniman Solo Gelar Doa Bersama

Romensy August, MNC Portal · Selasa 06 Desember 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 612 2721690 demi-kelancaran-pernikahan-kaesang-erina-pedagang-pasar-gede-dan-seniman-solo-gelar-doa-bersama-VcZ9hZXYWT.JPG doa bersama oleh pedagang dan seniman Solo, (Foto: MPI/ R. August)

GELARAN pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada akhir pekan ini, tampaknya memang ditunggu banyak orang, terutama warga Solo.

Hari ini, sejumlah pedagang Pasar Gede dan seniman Solo diketahui menggelar acara ritual doa bersama untuk keselamatan sang calon pengantin, Kaesang dan Erina. Dari pantauan langsung di lokasi, ritual doa bersama ini dilakukan di dalam pasar dengan membawa berbagai makanan seperti hidangan nasi kuning dan berbagai hasil bumi lainnya.

Tidak hanya itu, sejumlah penari yang merupakan seniman asal Solo juga terlibat dalam acara tersebut. Para penari terlihat menari dari dalam pasar menuju pintu masuk dengan iringan Suluk Pangkur Singgah Singgah, yang dalam kepercayaan masyarakat Jawa, diyakini mampu untuk menolak bala dan biasa ditembangkan untuk mengawali sesuatu hajat atau upacara penting.

"Para pedagang Pasar Gede ikut berbahagia dengan ngunduh mantunya Pak Jokowi. Ini wujud syukur dari para pedagang sebagai bagian dari masyarakat Solo," ujar pemerhati budaya Heru Mataya, saat ditemui Selasa (6/12/2022). 

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Rasa syukur para pedagang ini, diwujudkan dengan simbol 4 tumpeng. Tak hanya keselamatan kedua mempelai, gelaran doa bersama ini juga ditujukan agar seluruh rangkaian acara pernikahan bisa berjalan lancar.

Harni, salah satu pedagang buah mengaku senang bisa terlibat dalam acara doa bersama pernikahan Kaesang-Erina. Ia berharap keduanya bisa menjadi keluarga bahagia. Sebagai pedagang, di matanya meski Kaesang adalah anak Presiden, namun tetap rendah hati berbelanja ke pasar Gede selama ini seperti rakyat biasa.

"Mas Kaesang dan keluarga pak Jokowi itu sering belanja ke Pasar Gede. Mereka tidak membeda bedakan, berbaur dengan rakyat kecil seperti kami," tutup warga Tawangmangu itu.

 BACA JUGA:Bakal Nyanyi di Pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran: Pagi 5 Lagu, Malam 5 Lagu

BACA JUGA:Intip Proses Pembuatan Souvenir Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini