Share

Ini Jadwal Rangkaian Prosesi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Tim Okezone, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 612 2722673 ini-jadwal-rangkaian-prosesi-pernikahan-kaesang-pangarep-dan-erina-gudono-nDDHbyRE2O.jpg Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: IG/@erinagudono)

PERNIKAHAN putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono hanya tinggal menghitung hari. Pernikahan akan dilangsungkan di dua kota, yakni Yogyakarta (rumah Erina) dan Solo sebagai rumah dari Kaesang.

Soal persiapan diri, Kaesang sendiri mengaku tak ada persiapan khusus. Menurut Kaesang, persiapan pernikahannya sama seperti orang-orang pada umumnya.

Kaesang Pangarep

"Besok pengajian di rumah setelah itu udah kok. (Persiapan khusus biar tetap fit?) gak ada sih, gak ada. Ya persiapan pernikahan kayak orang-orang pada umumnya," ujarnya saat mengunjungi Pura Mangkunegaran, Rabu (7/12/2022).

Sementara itu, merangkum dari berbagai laporan, rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dimulai sejak Kamis (8/12) hingga Minggu (10/12). Berikut beberapa prosesi dan acara dari pernikahan Kaesang.

Kamis, 8 Desember 2022

Kaesang dan Erina Gudono

1. Pengajian

Pada hari Kamis 8 Desember akan digelar pengajian di rumah Erina Gudono, Sleman. Pengajian Alquran akan dimulai sore hari hingga petang.

Pengajian pernikahan biasanya dilakukan oleh para calon pengantin muslimah. Meskipun tidak terbilang wajib, namun digelarnya acara pengajian diharapkan dapat membawa kelancaran dan keberkahan menuju hari H.

Jumat, 9 Desember 2022

Kaesang dan Erina Gudono

1. Pemasangan bleketepe

Berlanjut pada hari Jumat 9 Desember, di rumah Erina akan dilakukan prosesi pemasangan bleketepe. Filosofi dari prosesinya ini adalah sebagai simbol penyucian lokasi, serta bermakna menolak bala. Diharapkan dengan pemasangan bleketepe, upacara pernikahan akan berjalan lancar serta terhindar dari hal-hal jahat.

2. Siraman

Tak hanya pemasangan bleketepe, Erina Gudono juga akan melangsungkan prosesi siraman secara tertutup. Di tempat terpisah, Kaesang Pangarep juga akan melakukan siraman di kediaman Presiden Jokowi.

Menurut Gibran Rakabuming kakak dari Kaesang yang bertindak sebagai juru bicara, air untuk prosesi siraman berasal dari 7 sumber mata air yang berbeda.

Ketujuh sumber air untuk siraman Kaesang itu antara lain Masjid Agung Mangkunegaran Al-Wustho, Masjid Agung Kasunaan Surakarta, Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, Umbul Pengging di Boyolali.

Lalu, dua selanjutnya diambil dari kediaman nenek Kaesang di Sumber dan rumah pribadi Presiden Joko Widodo di Solo.

"Tujuh sumber air itu sama seperti yang saya gunakan untuk nikah," kata Gibran pada awak media, belum lama ini.

3. Midodareni

Setelah siraman berlanjut pada prosesi malam midodareni. Menurut adat Jawa, calon mempelai pria akan datang ke kediaman calon mempelai perempuan. Dalam hal ini, Kaesang berarti akan mengunjungi rumah Erina Gudono.

Meski berkunjung, calon mempelai pria dalam hal ini Kaesang, tidak akan dipertemukan dengan Erina. Kaesang hanya akan bertemu dengan perwakilan dari keluarga Erina.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Sabtu, 10 Desember 2022

Kaesang dan Erina Gudono

1. Akad nikah

Usai menjalani serangkaian prosesi pra-pernikahan, Kaesang dan Erina melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022). Gibran menyebut akad nikah direncanakan berlangsung pada pukul 13.00 dan hanya ada 150 undangan yang hadir.

Setelah ijab kabul, Kaesang Pangarep akan bertemu dengan Erina Gudono dalam prosesi panggih pengantin. Selain itu, ada beberapa prosesi, yakni upacara injak, bubak kawah, kacar kucur, dulangan atau dhahar kalimah, mapag besan dan diakhiri dengan sungkeman atau pangabektan.

Minggu, 11 Desember 2022

Kaesang dan Erina Gudono

1. Ngunduh mantu

Setelah akad nikah, Kaesang dan Erina akan berangkat ke Solo untuk prosesi ngunduh mantu, serta tasyakuran. Ngunduh mantu akan dimulai pagi hari di Gedung Loji Gandrung, Solo.

Setelah ngunduh mantu, pengantin akan melakukan kirab atau arak-arakan menuju lokasi tasyakuran naik kereta kencana. Acara tasyakuran sendiri akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran.

2. Tasyakuran

Setelah pengantin dan keluarga tiba di Pura Mangkunegaran, acara tasyakuran akan dimulai. Tasyakuran akan dilaksanakan hngga malam dengan dibagi beberapa sesi. Di sinilah pengantin dan keluarga menyambut tamu undangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini