Share

Keluarga Erina Gudono Gelar Tradisi Cethik Geni Jelang Akad Nikah, Apa Itu?

Gunanto Farhan, iNews · Kamis 08 Desember 2022 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 612 2723023 keluarga-erina-gudono-gelar-tradisi-cethik-geni-jelang-akad-nikah-apa-itu-PmWIuM1d9H.jpg Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (foto: Instagram)

JELANG acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, ada banyak prosesi adat yang dilakukan. Salah satunya prosesi cethik geni.

Tradisi ini dilakukan keluarga Erina Gudono jelang pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Pihak keluarga perempuan membuat dapur tradisional di depan rumah dengan filosofi hajat mantu pisanan.

 Kaesang pangarep dan Erina gudono

Makna dari tradisi ini yaitu untuk memulai hajat pernikahan pertama kali dalam keluarga Erina Gudono. Nantinya pemangku hajat aakn memasak dalam jumlah ebsar untuk menjamu semua tamu

"Geni itu kan api, jadi nyetik api gitu. Filosofinya menandakan ini adalah untuk upacara hajat mantu pisanan. Pisanan itu yang pertama perempuan," jelas Anjas selaku vendor yang menyediakan perlengkapan prosesi cethik geni.

Konon, dahulu membuat api memang tidak semudah sekarang. Dengan memakai batu api yang dipercik-percikkan dengan batu lain di atas serutan kayu atau daun kering. Filosofi inilah yang ingin diangkat dari acara adat cethik geni.

Tradisi cethik geni ini rencananya akan digelar di rumah Erina di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, sebelum prosesi siraman dilakukan.

Berbagai alat dapur dari tanah liat dan perunggu disiapkan untuk dipajang di dapur yang terbuat dari anyaman bambu. Nantinya, Ibunda atau pihak keluarga Ayah dari Erina akan menghidupkan api tunggu untuk memasak nasi di dapur tersebut sebagai tradisi.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(vvn)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini