Share

Kenalan dengan Agustin dan Dinda, Penarik Kereta Kencana Kaesang dan Erina

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Kamis 08 Desember 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 612 2723231 kenalan-dengan-agustin-dan-dinda-penarik-kereta-kencana-kaesang-dan-erina-iB08M8FyKE.jpg Kuda Kirab Pernikahan Kaesang-Erina. (Foto: Antara)

SALAH satu rangkaian acara dalam pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina gudono adalah kirab tasyakuran. Kirab Kereta Kencana ini akan dimulai dari Loji Gandrung hingga ke Pura Mangkunegaran, Solo.

Dalam kirab kali ini, kuda yang digunakan adalah langganan keluarga Presiden Jokowi di Solo. Peternakan kuda milik Mudjiono Prasetyo, warga Kelurahan Jajar Laweyan Solo ini dipercaya untuk menyiapkan kuda, kereta serta perlengkapannya.

Adalah Agustin dan Adinda, yang dipercaya menjadi penarik kereta Kencana yang akan membawa sepasang pengantin Kaesang dan Erina saat prosesi kirab dari Loji Gandrung hingga ke Pura Mangkunegaran. Adapun Agustin, berumur 13 tahun sementara Dinda berumur 5 tahun.

"Jenisnya itu KP, silangan kuda Sumbawa sama Australia, tingginya 150 cm. Semenjak walikota, Gubernur hingga Presiden itu dipakai terus. Termasuk ketika pernikahan Gibran," tutur perawat Kuda Adi Cahyo Mahendra seperti dilansir dari Antara.

Kuda Kirab

Menurutnya, tidak ada perawatan khusus bagi Agustin maupun Adinda serta kuda lainnya yang akan digunakan dalam kirab. Kuda-kuda tersebut hanya diberi makanan dan minuman secara teratur serta vitamin.

Agustin sendiri, sudah pernah menemani Jokowi saat kirab Keraton Nusantara pelantikan Gubernur DKI Jakarta yang dilakukan di Monas. "Pada intinya bapak minta yang sederhana, ndak minta yang tinggi sekian sekian. Intinya yang jinak, yang dipakai nyaman," jelas pemilik kuda Mudjiono Prasetyo.

Dalam kirab pengantin Kaesang dan Erina 28 kuda dan 12 kereta disiapkan untuk membawa pengantin dan rombongan keluarga sementara Kereta Kencana pengantin milik Presiden Joko Widodo sendiri. Kirab ngunduh mantu pernikahan Kaesang Erina akan berlangsung pada 11 Desember mendatang.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini