Share

Pentingnya Bantuan Psikologis Bagi Korban Gempa Cianjur, Terutama Anak-Anak

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 09 Desember 2022 23:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 612 2723815 pentingnya-bantuan-psikologis-bagi-korban-gempa-cianjur-terutama-anak-anak-dWDPFQxnRF.jpg Gempa di Cianjur (Foto: AP)

PADA tanggal 21 November 2022 lalu gempa berkekuatan 5,6 melanda Cianjur dan sekitarnya. Jumlah korban yang meninggal mencapai ratusan orang. Puluhan ribu masyarakat mengalami dampak atas kerusakan bangunan, rumah tinggal, tempat ibadah dan juga fasilitas umum lainnya.

"Individu yang mengalami bencana biasanya akan mengalami trauma atau gangguan stres pasca-trauma," kata Psikolog Mei.

Para korban akan memiliki respons yang berbeda terhadap pengalaman yang dia alami. Trauma pada masalah ini pun memiliki tingkat kepulihan yang berbeda-beda.

 anak-anak korban gempa

"Trauma yang dialami harus segera mendapatkan penanganan khusus, karena jika tidak maka trauma itu akan tersimpan lama dan dapat menjadi bumerang bagi si anak," tambahnya.

Apalagi terjadi pada anak-anak, maka yang harus dilakukan adalah memberikan penanganan yang akhirnya membuat anak-anak merasa lebih tenang.

Biasanya para psikolog akan melakukan pendekatan kepada korban yang mengalami trauma. Pendekatan secara psikologis diperlukan agar mereka merasa aman dan memberikan berbagai penanganan yang dapat membantu para korban untuk bisa mengatasi trauma yang dialami. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan konseling.

 BACA JUGA:Korban Gempa Cianjur: Terima Kasih Kemenparekraf dan MNC Peduli, Sukses dan Tetap Jaya

“Gempa bumi adalah bencana alam yang susah untuk diprediksi namun menjadi hal yang berbahaya jika tidak diantisipasi, pasca gempa besar minggu lalu, kami tergerak untuk melakukan aksi turun ke lokasi yang mengalami titik terparah gempa, kami lakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk mendapatkan info yang akurat untuk tindakan yang tepat,” tambah Sagita Melati, Corporate secretary PT Campina Ice Cream Industry Tbk.

Pihaknya, ujar Sagita, memberikan bantuan atau sumbangan kepada korban Cianjur di daerah Cugenang dimana lokasi ini merupakan wilayah yang mengalami kerusakan terparah akibat gempa Cianjur. Selain itu juga memberikan bantuan psikologis dengan menggandeng Cakra Abhipraya, sebuah organisasi non profit yang digawangi anak-anak muda untuk kegiatan sosial kemanusiaan.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

“Bersama Cakra Abhipraya kami melaksanakan serangkaian kegiatan dalam upaya psikososial kepada anak-anak yang menjadi korban gempa bencana seperti kegiatan mewarnai, melukis, bermain, bernyanyi bersama ikon sapi happy cow dan tentu saja acara ini dilanjutkan dengan makan bersama es krim yang menjadi favorit anak-anak,” paparnya.

Acara ini dihadiri ribuan anak dan masyarakat yang sangat antusias. "Kami bersama para influencer muda turut serta memberikan dukungan, motivasi serta berbagi keceriaan sehingga mereka kembali memiliki semangat untuk hidup dan menyembuhkan trauma pasca-gempa bumi," terang Sagita.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini