Share

Kenapa Air Siraman Pernikahan Erina-Kaesang Pakai dari 7 Sumber Sekaligus?

Yohanes Demo, MNC Portal · Jum'at 09 Desember 2022 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 612 2723833 kenapa-air-siraman-pernikahan-erina-kaesang-pakai-dari-7-sumber-sekaligus-El8hA8bROd.JPG Prosesi siraman Erina, (Foto:Tangkapan layar)

CALON istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono hari ini, Jumat 9 Desember 2022 juga baru saja usai menggelar prosesi siraman, sebagai salah satu prosesi rangkaian pernikahannya.

Prosesi siraman calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono berlangsung begitu khidmat dan haru. Diketahui air yang digunakan untuk prosesi siraman Erina diambil langsung dari 7 sumber air berbeda.

Dari keterangan Wigung Wratsangka, selaku Pranatacara, air tersebut diambil dari 7 lokasi bersejarah dan dianggap sakral oleh masyarakat Jawa. Mulai dari Masjid Panepen Kraton, Ndalem Puro Pakualaman, Mangkunegaran, air dari kediaman Jokowi, kediaman Sofiatun atau rumah Erina, Masjid Raya Surakarta dan air Zam-Zam.

Wigung menjelaskan, ada alasan tersendiri mengapa air siraman yang diguyurkan ke tubuh Erina, harus diambil dari 7 mata air atau sumber air sekaligus.

“Kenapa 7, karena tujuh itu diartikan sebagai pitulungan. Ya ada pituduh, pitulungan, pitutur, pitakon, pitulus dan piturut,” ujar Wigung.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

“Artinya, supaya mendapatkan keberkahan dalam membangun hubungan rumah tangga baru," jelasnya lagi.

Tidak hanya siraman, serangkaian prosesi acara diketahui akan dilakoni oleh Kaesang dan Erina sebelum akad nikah pada Sabtu 10 Desember mendatang.

Ada sejumlah prosesi adat Jawa yang dilangsungkan, baik di Surakarta mau pun di Yogyakarta, meliputi prosesi majang tarub, upacara cethik geni adang sepisanan, ngracik tirta siraman, noto lemek palenggahan, upacara majang pasarean, upacara sungkeman ibu dan upacara sungkeman langkahan kakang.

"Secara urutan sangat lengkap sekali untuk prosesi adat Jawa yang dilaksanakan. Jadi ada 7 prosesi ya," jelas Wigung.

 BACA JUGA:Jelang Pernikahan, Kakak Erina Gudono Pasang Bleketepe di Depan Rumah

BACA JUGA:Jokowi Pasang Bleketepe, Ini Makna dan Filosofinya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini