Share

Baru Buka Bisnis? Jangan Berpikir Anda Dapat Untung Dulu

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Jum'at 09 Desember 2022 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 612 2723948 baru-buka-bisnis-jangan-berpikir-anda-dapat-untung-dulu-HURqrWtnYM.jpg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis. (Foto: Shutterstock)

SEIRING dengan perkembangan media sosial, memang banyak orang memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Tidak jarang, kita melihat promo-promo yang dilakukan lewat media sosial terhadap suatu produk.

Meski demikian, tidak semua orang terbukti berhasil menjalankan bisnis mereka. Tidak jarang sebuah bisnis hanya bertahan bulanan bahkan mungkin mingguan.

Memang, menjadi seorang pebisnis memang bukanlah suatu keputusan asal-asalan, perlu dibarengi dengan prinsip yang kuat. Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi pilihan hidup dari mantan atlet taekwondo yang pernah menyabet juara nasional mahasiswa, Antonius Hartanto.

Podcast Perindo

Bahkan ketika ditanya peluang bisnis apa yang sangat menjanjikan dengan modal kembali yang cepat, dia menjawab bahwa semua jenis bisnis sama-sama memiliki peluang yang sama besar. Yang menjadi kunci di sini adalah seseorang harus jeli untuk memanfaatkan peluang yang ada.

โ€œKita harus Jeli memanfaatkan peluang mana yang bisa kita ambil. Karena gini, orang kita ini kalau berbisnis ini yang dipikirin untungnya doang. Giliran rugi, down lepas bisnisnya. Padahal sebenarnya justru dari yang gagal ini kita bisa jadi berhasil," ujar dia di Podcast Aksi Nyata channel YouTube Partai Perindo.

"Karena sebetulnya kegagalan itu, keberhasilan yang tertunda. Jadi mau bisnis apapun peluangnya besar,โ€ tambahnya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Wakil Ketua Bidang Olahraga dan Seni Kreatif Pemuda Perindo DKI Jakarta itu juga menyebutkan, filosofi dalam menjalankan bisnis adalah melakukan layaknya sebuah hobi. "Itulah, dalam menjalankan bisnis harus dibarengi dengan faktor senang atau Suka. Jadi pada saat scale up kita senang, tapi kalaupun sedang down kita tinggal evaluasi saja,โ€ tukas Anton.

Menurutnya, apapaun jenis bisnisnya mulai dari bisnis kecil seperti UMKM, middle, atau makro sekalipun dalam menjalankannya konsepnya adalah harus dilakukan dengan sepenuh hati, dan tidak setengah-setengah. Karena, jika tidak dilakukan sepenuh hati di saat seseorang bertemu dengan kegagalan ia akan langsung melepas bisnisnya begitu saja.

Ia juga memberikan tips yang harus dilakukan untuk orang-orang yang tertarik memulai bisnis dimana yang paling utama itu adalah mentality. Menurutnya, untuk menjalankan sebuah bisnis yang mencapai kesuksesan tentu akan dihadapkan dengan resiko yang besar, sehingga dibutuhkan mental yang kuat.

โ€œJadi, kalau niat eksekusi ya pastinya butuh mentality yang ibaratnya tidak setengah-setengah, karena bisnis itu tidak hanya bicara untung saja, tetapi juga ada rugi dan itu adalah kamus pasti dalam bisnis. Jadi kita berbisnis ini dilatih disiplin step by step untuk mengembangkan bisnis kita dari keuntungan yang di dapat tadi,โ€ tandas Anton.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini