Share

Serahkan Kaesang ke Keluarga Erina, Gibran: Imagenya Slengean Tapi Hatinya Baik

Selvianus, MNC Portal · Jum'at 09 Desember 2022 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 612 2724247 serahkan-kaesang-ke-keluarga-erina-gibran-imagenya-slengean-tapi-hatinya-baik-ic3ygKjNcd.jpg Gibran Rakabuming. (Foto: Youtube)

SEBELUM menjalani akad nikah, Kaesang Pangerep beserta keluarga memang harus melakukan upacara Midodareni. Kehadiran keluarga besar dalam upacara midodareni, merupakan salah satu bentuk membangun tali silaturahmi antara kedua wkeluarga.

Gibran Rakabuming mewakili keluarga besar Joko Widodo dalam sambutannya di upacara midodareni. Walikota Solo ini menyerahkan adiknya, Kaesang Pangarep kepada keluarga Erina Gudono.

"Saya mewakili keluarga dari Solo, mewakili keluarga Bapak Joko Widodo beserta Ibu Iriana bermaksud untuk menyerahkan antaran peningset. Tanda tali kasih antara kedua calon mempelai,"kata Gibran Rakabuming dalam upacara midodareni digelar di Kediaman Erina Gudono di Kawasan Yogjakarta, Jumat (9/12/2022).

Gibran mengungkapkan, kehadiran mereka dikediaman Erina Gudono, mengantarkan Kaesang menjalani upacara nyantrik. Mengutip budaya.jogjaprov.go.id, nyantrik atau nyantri merupakan adat dalam upacara prosesi pernikahan.

Prosesi ini mengharuskan calon pengantin pria untuk datang dan bermalam di rumah calon mertua pada waktu midodareni atau satu hari sebelum upacara pernikahan dan panggih.

"Kedua menyerahkan calon mempelai putra Ananda Kaesang Pangarep untuk melaksanakan nyantrik. Kebahagian bagi kami apabila Bapak Ibu berkenan menerimanya,"papar Gibran.

Lebih lanjut, Gibran menjelaskan sosok Kaesang merupakan seseorang berpenampilan sederhana. Namun dia menyakini Kaesang bakal membahagiakan Erina Gudono, selayaknya sang suami pada umumnya.

"Kaesang nomor tiga, anaknya memang punya image slengean tapi hatinya baik, bertanggung jawab, punya komitmen yang sangat baik, terutama di dunia kerja, saya yakin nanti ke depan bisa membahagiakan Erina," tutur Gibran.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Bahkan Gibran menitipkan Kaesang ke keluarga Gudono. Sekaligus memohon arahan atau bimbingan dari keluarga besar Erina Gudono untuk Kaesang.

"Yang jelas saya mau titip adik saya, mohon dibimbing juga dan selebihnya waktu dan tempat saya serahkan kepada Bapak, Ibu keluarga dari Yogya," tutur Gibran.

Diketahui dalam upacara tersebut, peningset telah diserahkan kepada ibunda Sofiatun Gudono. peningset berupa bingkisan kecil yang didalamnya terdapat setangkup pisang perlengkapan busana, jadah dan wajik, serta beberapa barang lainnya.

Rangkaian upacara midodareni berjalan begitu khidmat. Terdapat Gibran Rakabuming Raka ditunjuk sebagai juru bicara keluarga Jokowi menyerahkan Kaesang untuk nyantri atau sowan ke keluarga Erina.

Dilanjutkan dengan prosesi tampi dan penyerahan peningset, ibunda Kaesang, Iriana Jokowi, menyerahkan peningset atau seserahan secara simbolis. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian tirta wening dan pembacaan catur wedha atau catur laksita utama dibawakan perwakilan keluarga Erina, Abdul Muhaimin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini