Share

Mengenal Jamu Sinom, Minuman di Pernikahan Kaesang dan Erina yang Dihidangkan Jokowi

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Sabtu 10 Desember 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 298 2724537 mengenal-jamu-sinom-minuman-di-pernikahan-kaesang-dan-erina-yang-dihidangkan-jokowi-ZQhsPjF6uZ.jpg Jamu sinom di akad nikah Kaesang (Foto: Tangkapan Layar)

KAESANG Pengarep dan Erina Gudono akhirnya telah resmi menjadi sepasang suami istri setelah mengucapkan ijab kabul dalam prosesi akad pernikahan yang digelar di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Usai melakukan prosesi akad pernikahan dan bersalaman dengan para tamu penting, keduanya tampak meninggalkan area dan berganti baju untuk prosesi adat selanjutnya. Selama momen tersebut, Jokowi dan Iriana tampak membaur dengan para tamu sambil memberi salam.

Jamu Sinom

Di momen tersebut, Jokowi bahkan duduk-duduk santai dengan beberapa tamu undangan. Menariknya, terdapat sebuah hidangan minuman yang disajikan di atas meja yang dihidangkan di sebuah gelas kaca yang menyerupai gelas sampanye.

Namun, bukan sampanye, isi minuman berwarna coklat kemerahan yakni Jamu Sinom, salah satu minuman tradisional khas Jawa. Jamu Sinom merupakan salah satu ramuan jamu tradisional yang terbuat dari sinom atau daun asam muda. Tak seperti jamu umumnya yang memiliki rasa pahit, ramuan Sinom umumnya memiliki rasa asam segar.

Sinom merupakan salah satu minuman obat tradisional Jawa yang diturunkan sejak zaman Majapahit. Terkadang jamu sinom tidak hanya terbuat dari dua bahan saja. Jamu sinom juga bisa dicampur dengan kunyit, temulawak, pala, dan gula merah.

Jamu sinom dapat dinikmati saat hangat ataupun dingin, dengan menambahkan dengan es atau disimpan terlebih dahulu di kulkas. Mengkonsumsi jamu sinom di pagi hari dipercaya memberi banyak manfaat pada tubuh.

Jamu sinom bisa menjadi salah satu asupan antiseptik sehingga bisa mengatasi gejala demam dan meriang. Selain itu, Jamu tradisional khas Indonesia ini juga bermanfaat sebagai antioksidan yang berkhasiat menangkal radikal bebas dan juga daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, terdapat segudang manfaat dari segelas minuman Sinom, yakni mengatasi sembelit, mengontrol gula darah, menurunkan tekanan darah, melancarkan pernafasan, hingga bisa menurunkan berat badan.*

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini