Share

Cantiknya Erina Pakai Paes Ageng Yogyakarta Lengkap dengan Alis Tanduk Rusa, Ternyata Ini Maknanya!

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 10 Desember 2022 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 612 2724571 cantiknya-erina-pakai-paes-ageng-yogyakarta-lengkap-dengan-alis-tanduk-rusa-ternyata-ini-maknanya-MJgQTlB92W.jpg Kaesang dan Erina resmi menikah (Foto: Tangkapan Layar)

ERINA Gudono menjelma jadi putri keraton Yogyakarta di Akad Nikah, Sabtu (10/12/2022). Auranya benar-benar menghipnotis siapa pun yang melihatnya.

Paes ageng Yogyakarta yang disematkan di dahi Erina Gudono curi perhatian. Tak hanya itu, alis tanduk rusa juga sayang untuk dilewatkan dan ternyata alis jenis itu punya makna tersendiri.

Kaesang dan Erina Gudono

Dijelaskan Retno Widyanti, Budayawan, alis tanduk rusa yang menghiasi wajah Erina disimbolkan sebagai makhluk yang indah, cerdik, cerdas, dan anggun.

"Sebagai istri, Erina diharapkan bisa seperti rusa yang cerdik dan cerdas, tapi juga cantik dan anggun," kata Retno saat diwawancarai di tayangan Ikatan Cinta Kaesang-Erina di RCTI, Sabtu (10/12/2022).

Kaesang dan Erina Gudono

Nah, soal paes ageng Retno mengatakan kalau apa yang menghiasi Erina itu 'milik' keraton Yogyakarta. Namun, sekarang rakyat di luar keraton sudah boleh menggunakannya.

"Aturan itu dipakai setelah Sri Hamengkubuwono IX. Jadi, sekarang rakyat di luar keraton sudah bisa pakai juga," tambahnya.

Kaesang dan Erina Gudono

Namun, untuk makeup Erina yang merupakan hasil tangan Makeup Artist Bennu Sorumba, dikatakan Retno sudah bergaya modern. Itu terlihat dari hiasan mata yang menggunakan eyeshadow.

"Kalau riasan khas Yogyakarta klasik tidak pakai eyeshadow. Makanya, Erina di Akad Nikah ini makeupnya bisa dibilang bergaya modern namun tetap ada sentuhan klasik Yogyakartanya," ungkap Retno.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Di Instagram, Bennu Sorumba memberitahu bahwa gaya makeup yang diulas di wajah Erina memang terinspirasi dari putri keraton Yogyakarta. "The Princess of Yogyakarta," kata Bennu, dikutip MNC Portal.

Erina Gudono

Bisa dijelaskan sedikit, Erina Gudono di Akad Nikah mengenakan kebaya modern berwarna putih. Di prosesi ijab kabul, kebaya Erina merupakan hasil rancangan Biyan Official.

Lalu, dia mengganti kebaya putih dengan kebaya emas yang sepertinya hasil rancangan Asky Febrianti. Kebaya kedua terlihat lebih mewah efek dari warna kebayanya dan detail yang ada di all-body kebaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini