Share

Sejarah Tradisi Makan Malam Natal Pakai Ayam Goreng Cepat Saji di Jepang

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Sabtu 17 Desember 2022 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 17 298 2729189 sejarah-tradisi-makan-malam-natal-pakai-ayam-goreng-cepat-saji-di-jepang-gvdw6JuMKJ.JPG ayam goreng, (Foto: Freepik)

MAKAN malam keluarga jadi salah satu tradisi khas dalam perayaan Natal. Biasanya hidangan berupa kalkun panggang jadi santapan utama di negara-negara Barat yang merayakan Natal.

Selain daging kalkun panggang, biasanya juga aneka daging sapi panggang, atau sosis juga jadi salah satu menu utama makan malam perayaan Natal.

Namun ada yang unik pada hari perayaan Natal yang ada di Jepang, karena masyarakat salah satu negara maju di benua Asia Timur ini punya kebiasaan menyantap menu ayam goreng tepatnya ayam goreng keluaran restoran cepat saji KFC untuk makan malam di perayaan Natal, baik menyantapnya langsung di restoran atau dipesan lewat jasa pengantaran.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pada tanggal 24 sampai 25 Desember, seluruh gerai KFC di Jepang bisa sepuluh kali lebih sibuk dari biasanya. Ternyata, jika secara sejarah, tradisi ini telah populer sejak tahun 1970-an loh!

Melansir Livemint, Sabtu (17/12/2022) kebiasaan ini disebutkan semuanya bermula pada akhir era 1960-an ketika masyarakat Jepang mulai menikmati Natal sebagai acara perayaan musiman dan kerap mengadakan pesta Natal di rumah setelah perusahaan penganan lokal mulai mempromosikan kue dan manisan untuk anak-anak di sepanjang tahun.

Follow Berita Okezone di Google News

Awalnya, perayaan itu hanya untuk menghibur anak-anak. Kemudian, pada tahun 1970-an, restoran cepat saji tersebut mulai hadir di Jepang. Lalu, pada tahun 1974, diluncurkan kampanye Natal KFC pertama dengan menjual seember ayam goreng yang terkenal bersama dengan sebotol anggur.

Saat itu, mereka menyarankan agar ayam goreng tersebut tak hanya dikonsumsi anak-anak pada pesta Natal, namun juga untuk orang dewasa. Ide asli untuk kampanye ini muncul ketika seorang pelanggan asing mengunjungi gerai restoran cepat saji di Tokyo tepat pada hari Natal.

Ia menyebut bahwa dirinya begitu kesulitan untuk mendapatkan kalkun alias turkey sebagai hidangan natal, sehingga tidak punya pilihan selain menyantap ayam goreng restoran cepat saji yang mudah dan cepat didapatkan.

 

(Foto: Freepik)

Saya tidak bisa mendapatkan kalkun di Jepang, jadi saya tidak punya pilihan selain merayakan Natal dengan ayam goreng kentucky,” ujar pelanggan tersebut, dikutip dari Livemint, Sabtu, (17/12/2022).

Berlanjut dari kejadian tersebut, seorang anggota tim penjualan resto cepat saji itu mendengar ucapan tersebut lalu berinisiatif untuk menggunakannya sebagai inspirasi dalam meluncurkan kampanye Natal pertama melalui slogannya, ‘Kentucky untuk Natal’.

Kampanye tersebut lalu menjadi tren dan viral, hingga akhirnya kampanye ‘Kentucky untuk Natal’ dengan cepat menjadi tradisi di seluruh Jepang yang bertahan hingga hari ini. Bahkan, setiap tahunnya, ditampilkan desain terbaru yang meriah untuk tempat berupa ember atau bucket yang menampung banyak porsi ayam goreng.

 BACA JUGA:7 Makanan Khas Indonesia Ini Punya Nama Nyeleneh, Ada yang Bikin Syok!

BACA JUGA:9 Makanan Favorit Lionel Messi, Salah Satunya Resep Buatan Ibu

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini