Share

4 Ciri-Ciri Teman Toxic, Hindari Biar Mental Anda Tetap Waras!

Yusuf Emar, MNC Portal · Selasa 20 Desember 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 20 612 2730599 4-ciri-ciri-teman-toxic-hindari-biar-mental-anda-tetap-waras-9nvgqRCbQo.jpeg Ciri-Ciri Teman Toxic (Foto: Her Norm)

TAK hanya asmara, memiliki hubungan pertemanan yang toxic juga melelahkan fisik dan pikiran. Bahkan, sebagian orang bisa merasa kecewa hingga frustasi gegara kelakuan teman yang toxic. 

Karena, kamu akan merasa apapun yang kamu berikan tidak cukup baik baginya. Selain itu, teman yang 'toxic' kemungkinan akan membuat kamu pesimis, menyakitimu, dan bertindak manipulatif dalam hubungan pertemanan. Namun terkadang banyak orang yang tak menyadari perilaku teman toxic.

Karena itu, kamu perlu mengetahui bahwa kamu berada dalam lingkaran pertemanan 'toxic'. Seperti yang dilansir choosingtherapy, berikut ini 4 ciri-ciri pertemanan toxic.

1. Sering menghina

Teman Toxic

Teman yang baik adalah teman yang selalu support. Selain itu, teman yang toxic biasanya meluncurkan lelucon yang berunsur penghinaan dan berbahaya. Karena kamu seharusnya tidak merasa terus-menerus dihina dalam persahabatan.

Apabila ada yang menghina kamu, beritahu dia bahwa itu menyakiti perasaanmu. Teman sejati akan meminta maaf dan menghentikan perilakunya. Tapi, seorang teman yang toxic, kemungkinan akan menuduh kamu sensitif, dan bersikeras bahwa kamu berlaku berlebihan serta terus menekankan bahwa itu hanya sebuah lelucon.

2. Suka menekan Anda untuk lakukan yang tidak disenangi

Banyak orang yang menyerah pada tekanan, hingga akhirnya terpaksa menerima dan menyesuaikan diri dengan orang lain. Teman yang toxic kerap berkembang dengan mempengaruhi orang lain untuk merendahkan diri ke level mereka.

Contohnya, ketika mereka kesulitan untuk minum, mereka mungkin memaksa kamu untuk memesan lebih banyak minuman saat Happy Hour.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

3. Tak menghormati batasan

Batasan bisa menjadi tantangan dalam hubungan apapun, tapi teman yang suportif akan bekerja keras untuk memahami dan menghormati batasan kamu. Lain halnya dengan teman toxic, yang sering percaya bahwa mereka bisa dibebaskan dari batasan kamu, khususnya ketika mereka membutuhkan dukunganmu.

Akibatnya, kamu mungkin merasa ada konflik tentang menetapkan batasan. Kamu mungkin seperti orang jahat karena membuat aturan seperti itu dan mungkin merasa frustasi dengan diri sendiri saat kamu tak bisa melaksanakan niatmu.

4. Cemburu terhadap temanmu yang lain

Teman yang toxic akan merasa cemburu dan frustasi dengan orang lain yang dekat dengan kamu. Selain itu, teman yang toxic ingin kamu tahu bahwa mereka adalah orang yang paling penting dan terpercaya.

Namun, selanjutnya mereka mungkin akan menghina teman kamu. Seperti contoh, ketika kamu curhat kepada mereka tentang orang lain, mereka mungkin mencoba meyakinkan kamu bahwa kamu lebih baik tanpa mereka. Dalam kasus yang cukup ekstrim, mereka akan menjelek-jelekan kamu pada orang lain untuk merusak reputasi kamu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini