Share

Salah Paham soal Kulit Berminyak yang Sering Terjadi: Tak Pakai Pelembab

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 28 Desember 2022 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 28 611 2735662 salah-paham-soal-kulit-berminyak-yang-sering-terjadi-tak-pakai-pelembab-50nwcXDnOV.jpg Ilustrasi Perawatan Kulit. (Foto: Shutterstock)

KULIT berminyak memang menyebabkan kotoran dan debu lebih mudah menempel lantas menyumbat pori-pori wajah. Jika sudah begitu, keringat pun akan sulit keluar dan menyebabkan masalah kulit, salah satunya adalah jerawat.

Tapi , jerawat bukan hanya muncul karena kulit berminyak saja, tapi juga karena kesalahpahaman soal perawatan kulit. Satu satu kesalahpahaman yang sering ditemukan dalam hal perawatan kulit adalah orang-orang yang memiliki tipe kulit berminyak menganggap bahwa mereka tidak memerlukan pelembab.

Mereka menganggap kulitnya yang berminyak sudah berfungsi untuk melembabkan kulit sehingga tidak lagi membutuhkan hidrasi tambahan dari pelembab. Padahal faktanya, kulit berminyak dan kulit terhidrasi merupakan dua hal yang berbeda.

Kulit Berminyak

Pada dasarnya, minyak kulit berhubungan dengan zat lilin yang disebut sebagai sebum. Kemudian, sebum ini disekresikan oleh kelenjar sebaceous untuk menjaga fungsi penghalang kulit.

Berbeda dengan minyak kulit, hidrasi kulit berhubungan dengan proses penyerapan air ke dalam lapisan kulit untuk mempertahankan kekenyalan, elastisitas, dan ketahanan. Dengan fakta seperti ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebum yang menumpuk atau kulit yang berminyak tidak sama dengan kulit yang terhidrasi dengan baik.

Orang-orang yang memiliki tipe kulit berminyak, cenderung sangat berusaha untuk menghilangkan minyak di wajah mereka, salah satunya dengan sering mencuci muka. Padahal usaha untuk menghilangkan minyak di kulitnya seperti ini dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Oleh sebab itu, orang dengan tipe kulit berminyak tetap harus menggunakan pelembab, namun haruslah pelembab dengan konsentrasi minyak yang rendah.

"Hal ini perlu diperhatikan karena apabila pasien dengan tipe kulit berminyak memilih pelembab seperti ini (kadar minyak tinggi), maka produksi minyaknya lebih tinggi lagi," ujar ahli dermatologi dari Klinik Cantiq DRD dr. Ratna Defi, M. Biomed (AAM) seperti dilansir dari Antara.

Ratna menjelaskan bahwa pasien dengan tipe kulit berminyak memiliki kelenjar minyak di dalam yang ketika terangsang, kelenjar tersebut akan menghasilkan lebih banyak minyak sehingga bisa memicu munculnya jerawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini