Share

6 Makanan Ini Ampuh Lindungi dan Melembapkan Kulit Kering

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Sabtu 31 Desember 2022 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 31 611 2737925 6-makanan-ini-ampuh-lindungi-dan-melembapkan-kulit-kering-X4XEBOZZdT.jpg Makanan yang bantu melembapkan kulit kering (Foto: Boldsky)

KULIT adalah organ vital. Kulit menyediakan penghalang untuk melindungi bagian tubuh lainnya dari ancaman eksternal, seperti bakteri, oksidan, dan sinar UV.

Fungsi perlindungan kulit penting untuk mencegah kehilangan air berlebih dan untuk menghentikan bahan kimia berbahaya dan alergen agar tidak mempengaruhi tubuh. Hal ini juga membantu menjaga suhu tubuh.

Kulit Kering

Nutrisi sangat penting dalam membantu kulit menyediakan penghalang pelindung ini. Jika seseorang mengonsumsi makanan sehat dan seimbang yang menyediakan nutrisi yang dibutuhkan, mereka dapat membantu mendukung fungsi kerja pelindung kulit.

Begitu pula jika seseorang tidak mengonsumsi makanan yang sehat, maka dapat mengubah fungsi kulit sehingga menimbulkan berbagai keluhan salah satunya seperti kulit kering.

Kulit kering bisa menjadi gejala kekurangan nutrisi tertentu, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, Zinc, dan Selenium. Pastikan bahwa vitamin dan mineral ini merupakan bagian dari diet Anda sehingga membantu menjaga kesehatan kulit.

Mengonsumsi omega-3, antioksidan teh hijau, dan kunyit juga dapat membantu mencegah kulit kering. Berikut ini adalah 6 makanan yang dapat membantu Anda melindungi dan melembapkan kulit kering dilansir dari Medical News Today, Sabtu (31/12/2022)

1. Hati sapi

Hati Sapi

Hati sapi adalah sumber vitamin A yang baik. Ini karena hewan menyimpan vitamin A di hati. Menurut National Institutes of Health (NIH), satu porsi 3 ons hati sapi goreng mengandung 6.582 mikrogram (mcg) vitamin A. Satu porsi ukuran ini menyediakan hingga 731% dari Nilai Harian dari vitamin A.

Penting untuk dicatat bahwa batas harian vitamin A adalah 3.000 mcg. Orang harus tetap dalam batas ini, karena konsumsi vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan.

Vitamin A adalah nutrisi penting untuk memerangi kulit kering karena mengandung retinoid dan karotenoid. Properti ini mengaktifkan jalur tertentu dalam tubuh yang secara langsung mempengaruhi kulit. Vitamin A dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar UV dan mengurangi gejala psoriasis.

2. Ubi jalar

Sumber vitamin A lainnya yang mudah didapat adalah ubi jalar. Vitamin A memiliki beberapa kegunaan lain selain memerangi kulit kering. Misalnya, dapat membantu melindungi dari jumlah zat besi yang rendah dalam darah dan dapat meningkatkan daya tahan beberapa kondisi kesehatan, seperti campak.

3. Paprika merah manis

Paprika merah manis adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C bermanfaat untuk mengatasi kulit kering karena secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit.

Selain itu, vitamin ini melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Selain itu juga meningkatkan kolagen di kulit, mengurangi kondisi kulit yang berkaitan dengan usia seperti keriput, pigmentasi, dan kulit yang lebih keras.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Buah kiwi

Buah Kiwi

Buah Kiwi adalah sumber vitamin C lainnya yang baik. Satu kiwi ukuran sedang mengandung 64 mg vitamin C, yaitu 71% dari DV.

Kekurangan vitamin C dapat berdampak buruk pada kulit, menyebabkan nyeri sendi, penurunan penyembuhan luka, dan kekurangan zat besi.

Vitamin C memiliki manfaat kesehatan lain selain dari hidrasi kulit dan fungsi pelindung. Misalnya, mengkonsumsi vitamin C dapat menurunkan resiko terkena katarak dan dapat mengurangi keparahan gejala flu.

5. Susu kedelai, almond, dan oat

Susu kedelai, almond, dan oat yang diperkaya dengan vitamin D yang merupakan sumber nutrisi yang baik. Salah satu efek menguntungkan yang didapat dari vitamin D adalah anti peradangan. Hal ini dapat membantu kulit menjaga kelembapan dan hidrasinya.

6. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari adalah sumber vitamin E yang baik. Satu ons biji bunga matahari panggang mengandung 7,4 mg, yang setara dengan 49% dari DV.

Vitamin E adalah antioksidan, dan bisa membantu memerangi efek buruk dari kerusakan akibat sinar UV, seperti kulit kering dan pigmentasi.

Menggabungkan sumber vitamin E dan sumber vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini