Share

5 Kebiasaan Rutin yang Bantu Usir Jerawat Membandel

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Senin 02 Januari 2023 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 02 611 2738547 5-kebiasaan-rutin-yang-bantu-usir-jerawat-membandel-KjyjsSRXyg.jpeg Jangan sentuh wajah bisa sebabkan muncul jerawat (Foto: Timesofindia)

KULIT sehat dan bebas jerawat dambaan bagi setiap orang. Namun, terkadang jerawat muncul tiba-tiba dan mengganggu penampilan. 

Apalagi, jika Anda dalam proses perawatan tetapi masih melihat jerawat lain muncul, hal tersebut memang cukup membuat frustasi. Jerawat memiliki banyak penyebab, serta pengobatan yang berbeda-beda untuk setiap orang.

Anda bisa mencoba terapkan 6 kebiasaan ini di rumah untuk membantu mengatasi jerawat selama perawatan berlangsung

1. Jangan malas cuci muka

Cuci Muka

Cuci muka dengan lembut hingga dua kali sehari dan setelah berkeringat. Pilih pembersih yang lembut dan tidak abrasif. Oleskan dengan ujung jari Anda, karena menggosok dengan waslap, spons, dan alat lain dapat mengiritasi kulit Anda.

2. Tepat memilih perawatan kulit

Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan yang bertuliskan "bebas alkohol" pada label. Hindari produk yang dapat mengiritasi kulit Anda, termasuk astringent, toner, dan exfoliant. Produk-produk ini dapat mengeringkan kulit Anda dan memperburuk jerawat.

3. Tangan jangan 'gatel' sentuh wajah

Menyentuh wajah terlalu sering memungkinkan tumbuhnya jerawat dan dapat menyebabkan jerawat membandel. Meskipun Anda mungkin memiliki keinginan untuk memencet jerawat, hal itu akan membuat jerawat membutuhkan waktu lebih lama untuk dibersihkan dan meningkatkan risiko hiperpigmentasi pasca inflamasi, yaitu meninggalkan bintik atau noda hitam pada kulit wajah.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Jangan terlalu sering terpapar sinar matahari dan tanning bed

Seiring dengan meningkatnya risiko kanker kulit, tanning dapat merusak kulit Anda dan dapat memperburuk jerawat yang ada. Beberapa obat jerawat juga dapat membuat kulit Anda sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet, yang merusak baik dari matahari ataupun tanning bed.

Lindungi kulit dengan menghindari tanning kulit di dalam dan di luar, serta dengan mencari tempat yang teduh, Anda juga bisa mengenakan pakaian pelindung matahari, dan mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi ke semua kulit yang tidak tertutup pakaian saat berada di luar ruangan.

Pilih tabir surya"non-comedogenic" atau "tidak akan menyumbat pori-pori". Jerawat membutuhkan waktu untuk dibersihkan. Perlu perhatian ekstra dan perawatan yang intens untuk membersihkan jerawat pada wajah.

5. Keramas secara teratur

Minyak dari rambut dapat menyebabkan jerawat di dahi. Jika Anda memiliki rambut berminyak, keramaslah lebih sering daripada yang dilakukan sekarang dan jauhkan rambut dari wajah Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini