Share

Wajah Kusam dan Kering, Ini 6 Cara Merawatnya!

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Selasa 03 Januari 2023 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 03 611 2739589 wajah-kusam-dan-kering-ini-6-cara-merawatnya-GQU2kXj8ff.jpg Ilustrasi kulit kering. (foto: Unsplash)

KULIT kering di wajah dapat disebabkan berbagai macam faktor. Mulai dari eksim, perubahan suhu atau kelembaban dan penggunaan sabun dengan bahan kimia yang keras.

Untuk itu ada beberapa cara yang dilakukan untuk merawat kulit kering. Seluruh perawatan tergantung pada penyebab kulit kering seseorang dan tingkat keparahannya.

 kulit kering

Selain itu, jenis kulit juga mempengaruhi cara perawatan, mulai dari kulit normal, kering, berminyak, atau kombinasi. Berikut 6 cara perawatan utntuk menghilangkan kulit kering pada wajah yang dilansir dari Medical News Today (3/1/2023).

1. Pelembab

Pelembab, atau krim meningkatkan fungsi penghalang alami kulit, yang meningkatkan retensi air. Hal ini tentunya dapat menenangkan dan melembabkan kulit kering.

Melembabkan kulit selama semalaman bisa memberikan manfaat ekstra. Anda dapat mengoleskan pelembab ke wajah sebelum tidur dan mencucinya dengan pembersih yang lembut di keesokkan harinya.

Hindari produk yang mengandung alkohol, pewangi atau pewarna buatan, dioksan. Gunakan gel lidah buaya murni, minyak kelapa atau shea butter.

Minyak kelapa dan shea butter mengandung minyak alami. Beberapa orang dengan jenis kulit normal, berminyak, atau kombinasi mungkin mengalami jerawat setelah menggunakan produk ini.

2. Pembersih yang lembut 

Sabun yang mengandung pewangi, pewarna, dan bahan kimia lainnya dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit. Anda mungkin bisa memilih pembersih atau sabun wajah yang lembut dan bebas pewangi dan menghindari produk yang mengandung alkohol, pewarna buatan, dan plastik.

3. Eksfoliasi 

Kulit secara terus-menerus membuat sel-sel baru dan melepaskan sel-sel lama. Ketika sel kulit mati tersangkut di permukaan, akan terlihat bercak kering dan pori-pori tersumbat.

Pengelupasan atau eksfoliasi ini membantu mengangkat sel kulit mati, yang dapat mengurangi tambalan kering dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

4. Rutin mandi

Sebaiknya gunakan air hangat, bukan air panas, saat mandi atau mencuci muka karena air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit.

Menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam air dapat menghilangkan sebum dari kulit. American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk membatasi mandi dan berendam hingga 5–10 menit atau kurang untuk membantu menyembuhkan kulit kering.

Setelah mandi atau cuci muka, sebaiknya segera oleskan pelembab untuk membantu mengunci kelembaban.

5. Humidifier 

Pendingin udara (AC) dapat menghilangkan kelembaban dari udara dan kulit. Seseorang dengan kulit wajah kering mungkin perlu mencoba membatasi penggunaan AC dan mulai menggunakan pelembab udara atau humidifier untuk menambah kelembaban udara di dalam ruangan.

6. Gunakan Obat

Spesialis perawatan kulit, yang dikenal sebagai dokter kulit, atau profesional perawatan kesehatan lainnya mungkin akan meresepkan salep atau krim topikal untuk seseorang yang memiliki kondisi kulit atau mereka yang mengalami kulit kering dan tidak merespons perawatan secara konvensional.

Jenis obat akan bervariasi tergantung pada penyebab kulit kering. Obat-obatan umumnya mengandung hidrokortison, steroid yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini