Share

Profesi Design Grafis Ternyata Tak Harus Jago Gambar Loh

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Selasa 03 Januari 2023 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 03 612 2739206 profesi-design-grafis-ternyata-tak-haru-jago-gambar-loh-UnZErISgT3.jpg Podcast Aksi Nyata.

PROFESI desain grafis memang bisa digeluti sendiri, dan tidak terikat di sebuah perusahaan. Meskipun tidak terikat atau biasa disebut freelance, tapi tentu tetap membutuhkan profesionalitas.

Founder Komunitas Design Grafis, Sigit Prasetya, memberikan beberapa tips bagi orang-orang yang tertarik untuk berkecimpung di dalam bidang design grafis, khususnya yang ingin berprofesi di bidang ini. Menurutnya, orang yang tertarik berprofesi di bidang design grafis tak harus jago gambar loh! Hal terpenting pertama yang harus ditanam adalah niat dan komitmen.

“Kadang orang kan mikir desain grafis harus bisa gambar, padahal mah enggak, kecuali kalau dia emang pengen jadi ilustrator. Ilustrator kan harus gambar karakter segala macem, kalau desain grafis itu lebih ke layouting sih, kaya desain brosur, desain poster dan segala macem,” tutur Sigit, dalam Podcast Aksi Nyata, di Youtube Partai Perindo.

Podcast Perindo

“Jadi menurut saya ada kemauan dulu untuk mau belajar. Karena murid saya juga banyak yang nggak bisa gambar. Itu mereka sekarang malah jago dan sering menang kontes di luar negeri,” lanjutnya.

Terlebih, menurutnya, profesi di bidang design grafis saat ini memiliki prospek yang cukup bagus. Seiring berkembangnya zaman, pasti semua pekerjaan berhubungan sama yang namanya desain grafis. Sebagai contoh perusahaan makanan, pasti untuk melakukan promosi membutuhkan ide-ide kreatif seorang desain grafis.

Follow Berita Okezone di Google News

“Semua bidang usaha itu butuh semua, enggak ada yang nggak butuh. Kalau saya kan punya website tuh. Orang-orang ngetik google, jasa desain grafis, punya saya muncul, di halaman satu dua, dan orang order, dan kebanyakan itu UMKM, PT,” paparnya.

Karena itu, lanjut Sigit, saat ini banyak orang-orang yang mulai tertarik untuk mempelajari bidang design grafis. Tak hanya lulusan baru, bahkan, anak-anak kuliah hingga enterpreneur pun mulai melirik bidang ini untuk dipelajari.

“Kebanyakan anak baru lulus sekolah SMK, terus dari kuliah banyak yang mau belajar juga, terus kemudian nggak nutup juga enterpreneur yang belajar juga. Karena mereka pengen ngehemat gitu, bisa bikin desain logo sendiri, desain iklan sendiri,” ungkapnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini