Share

Minyak Zaitun Terbukti Bikin Wajah Glowing Lho, Ini 4 Alasannya

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 07 Januari 2023 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 05 611 2740983 minyak-zaitun-terbukti-bikin-wajah-glowing-lho-ini-4-alasannya-kVqbALuhhy.jpg Minyak Zaitun (Foto: Timesofindia)

MINYAK Zaitun dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi, ternyata minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk kecantikan lho, termasuk wajah dan rambut. 

Bahkan, manfaat minyak zaitun untuk wajah ternyata terbukti secara ilmiah, lho. Laman Medical News Today coba menjelaskan lebih rinci terkait hal tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Anti-penuaan

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang baik untuk anti-penuaan. Tak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun yang dioles ke kulit wajah sebagai sunscreen dapat melawan sel penyebab kanker.

2. Obat kulit

Mengoleskan minyak zaitun ke kulit juga dapat bermanfaat sebagai obat kulit. Minyak zaitun kaya akan vitamin A,D,E, dan K yang larut dalam lemak. Vitamin-vitamin ini jika dipergunakan secara topikal (langsung dioles ke kulit) dapat mengobati berbagai kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim.

3. Antibakteri

Minyak zaitun terbukti punya manfaat yang baik untuk antibakteri. Namun, bukti penelitian dikaitkan dengan bakteri kulit masih sangat sedikit.

Satu studi kecil dikerjakan untuk melihat efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa pada bakteri Staphylococcus aureus di kulit. Hasilnya, kedua minyak alami itu menunjukkan sifat antibakteri, tetapi kelapa murni lebih efektif dalam menghilangkan bakteri.

"Meski demikian, minyak zaitun dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit. Minyak ini juga dapat meningkatkan penyembuhan tukak kaki yang disebabkan oleh diabetes tipe 2," terang laman kesehatan tersebut.

4. Melembapkan kulit

Minyak zaitun dapat berfungsi juga sebagai moisturizer alami kulit. Tak anya kulit, minyak ini juga bisa dipakai ke rambut secara langsung, lho.

Demikian manfaat minyak zaitun untuk wajah. Jika terjadi reaksi yang kurang baik setelah pemakaian minyak zaitun, ada baiknya tidak dilanjutkan atau berkonsultasi dengan dokter kulit Anda, ya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini