Share

6 Makanan Paling Aneh di Dunia, Janji Gak Akan Muntah?

Dyah Ratna Meta Novia, Okezone · Minggu 08 Januari 2023 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 08 298 2742273 6-makanan-paling-aneh-di-dunia-janji-gak-akan-muntah-sgb4ZRdG1X.jpg Tarantula goreng (Foto: Ist)

BUAT orang yang suka traveling dan kuliner, salah satu aktivitas yang tak boleh terlewatkan adalah mencoba makan-makanan lokal atau tradisional penduduk setempat. Salah satunya seperti Durian merupakan buah dengan bentuk dan cita rasa khas dan wajar bagi masyarakat yang tinggal di bagian Asia Tenggara.

Namun tidak bagi orang-orang Eropa, Durian merupakan buah dengan bentuk serta cita rasa yang aneh bahkan akan dihindari bagi yang tak menyukainya. Selain durian, berikut ini adalah 6 makanan aneh yang ada di dunia! Apa salah satunya pernah Anda Cicipi?

 century egg

1. Century Egg, China

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar nama dari makanan aneh satu ini? Century egg dikenal juga dengan 100 tahun telur atau 1.000 tahun telur.

Century egg dibuat dengan cara mengawetkan telur bebek, ayam, atau burung puyuh dengan campuran tanah liat, abu, dan garam selama berbulan-bulan yang kemudian menyebabkan kuning telur berubah menjadi hijau tua atau abu-abu dan memiliki bau belerang yang kuat.

2. Tarantula Goreng, Kamboja

Sama halnya dengan ayam goreng atau gorengan lain di Indonesia. Tarantula goreng ini adalah street food yang cukup populer di Kamboja dan mudah dijumpai di mana-mana.

Tarantula yang telah digoreng biasanya disajikan dengan saus celup khusus untuk dimakan. Sebagian orang yang telah mencoba makanan aneh satu ini mengatakan bahwa daging Tarantula memiliki rasa seperti ayam.Mereka sering disajikan dengan saus celup, dan beberapa orang mengatakan rasanya seperti ayam.

Sebelum memakannya pastikan untuk membuang taring dan kelenjar racunnya terlebih dahulu.

3. Ikan Basi, Swedia

Anda bahkan mungkin tidak dapat mencoba yang satu ini begitu Anda mencium kelezatan khas Swedia. Surströmming tidak terdengar begitu mengancam. Ikan haring Laut Baltik yang difermentasi dengan sedikit garam ini, telah menjadi makanan pokok tradisional dalam masakan Swedia sejak abad ke-16.

Tetapi begitu Anda mengetahui bahwa surströmming berarti "herring asam" Anda mungkin akan berubah pikiran. Saat membuat hidangan aneh ini, garam secukupnya digunakan untuk mencegah ikan haring mentah membusuk saat difermentasi. Setidaknya setelah enam bulan kemudian, Anda bisa mencium ikan haring itu bahkan sebelum melihatnya. Kaleng surströmming yang baru dibuka memiliki salah satu bau makanan paling busuk di dunia.

 BACA JUGA:7 Sumber Makanan Terbaik Untuk Melancarkan Pencernaan

4. Balut, Filipina

Balut merupakan embrio bebek yang sedang berkembang dan akan menetas, yang dierami selama 14-21 hari dan kemudian direbus embrio itu hidup-hidup dalam cangkangnya. Balut biasanya dimakan dengan garam atau cuka.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

5. Mata Tuna

Jika biasanya daging olahan tuna banyak ditemukan pada sushi, masyarakat Jepang juga tak melewatkan bagian mata dari jenis ikan satu ini. Di Jepang sendiri makanan dari mata tuna cukup mudah ditemukan di restoran. Ada banyak sekali resep mengolah mata tuna, tetapi cara termudah untuk memasaknya yaitu dengan merebus atau mengukusnya, dan dibumbui dengan bawang putih atau kedelai. Ketika Anda makan mata tuna, mungkin terkejut karena rasanya yang seperti cumi-cumi.

6. Huitlacoche

Apakah Anda pernah memiliki keinginan untuk mencoba jamur jagung? Saya pikir tidak. Tapi Anda mungkin berubah pikiran setelah mencoba makanan aneh yang berasal dari Meksiko ini.

Huitlacoche, juga dikenal sebagai corn smut atau truffle Meksiko, merupakan kelezatan lokal yang sebenarnya adalah tongkol jagung yang sakit. Huitlacoche terbuat dari penyakit tanaman yang tumbuh di telinga jagung, di sekitar biji, terlihat seperti awan kelabu yang menggembung.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini