Share

Menguak Asal-Usul Kue Bulan Khas Festival Pertengahan Musim Gugur

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Sabtu 14 Januari 2023 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 14 298 2746135 menguak-asal-usul-kue-bulan-khas-festival-pertengahan-musim-gugur-47FQRjEyZV.jpg Ilustrasi Kue Bulan (Foto:Firstclase)

MENGUAK asal usul kue bulan yang kerap selalu muncul di acara festival pertengahan musim gugur menarik untuk dibahas. Kue bulan merupakan camilan tradisional khas China.

Camilan berbentuk bulat dan tebal ini biasanya berisi pasta kacang merah atau pasta biji teratai. Namun ada juga varian kue bulan berasa asin karena berisi kuning telur asin atau daging ham.

Kue Bulan

Rupanya, kue bulan atau moon cake ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Banyak kisah yang menyertai kepopuleran kue yang satu ini. Mari menguak asal usul kue bulan.

Asal usul kue bulan atau moon cake tidak bisa dilepaskan dari kisah berbagai dinasti yang berkuasa di Tiongkok pada masa lalu. Laman Travel China Guide menjelaskan timeline sejarah kue bulan yang cukup panjang.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Pada awalnya kue bulan dikenal dengan nama kue taishi di zaman Dinasti Shang dan Dinasti Zhou (abad ke-17 - 256 SM). Lalu nama kue taishi berubah di masa Dinasti Han (abad ke-202 SM - 220 M). Di mana pada saat itu masyarakat Tiongkok bagian barat mulai mengenal biji wijen dan kenari sebagai isien kue taishi dan kue taishi berubah menjadi kue hu.

Sedangkan pad masa Dinasti Tang (abad ke-618 M - 907 M) saat Kaisar Li Shimin dan jenderal perang bernama Lijing tengan merayakan kemenangan atas peperangannya, muncul seorang pedagang gue bundar yang mengucapkan selamat atas kemenangan tersebut.

Si pedagang pun memberikan beberapa kue bundarnya kepada kaisar dan jenderal. Sejak saat itu, kue bundar pun populer di kalangan masyarakat dan mereka kerap memakannya di hari ke 15 bulan 8 penanggalan lunar. Konon kue bundar tersebut adalah kue hu yang kemudian disebut sebagai kue bulan.

Namun, menurut catatan sejarah karakter nama kue bulan pertama kali ditemukan dalma buku Dinasti Song yang berkuasa di abad ke 1127 M - 1279 M.

Selain itu juga ada kisah lain mengenai kue bulan yang berhubungan dengan mitos Chang’e sang Dewi Keabadian. Dikisahkan pada zaman dahulu hidup seorang pemanah hebat bernama Hou Yi yang berhasil memanah sembilan matahari.

Atas kehebatannya, Hou Yi diberikan hadiah sebuah ramuan keabadian. Namun ramuan tersebut justru ditenggak habis oleh Chang’e. Setelah menenggak ramuan tersebut, Chang’e menjadi sosok yang abadi sehingga ia harus pergi ke Istana Bulan dan meninggalkan suaminya seorang diri.

Sedih karena ditinggalkan sang istri, Hou Yi pun kerap menempatkan kue bulan dan buah-buahan favorit Chang’e di depan bulan untuk mengenang sang istri.

Momen tersebutlah yang dikait-kaitkan dengan praktik mempersembahkan kue bulan saat Festival Pertengahan Musim Gugur.

Demikian beberapa kisah yang berkaitan dengan asal usul kue bulan.

 (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini