Share

Hobi Belanja Barang Mewah, Masyarakat Korea Selatan Nomor 1 di Dunia!

Pradita Ananda, Okezone · Minggu 15 Januari 2023 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 15 194 2746531 hobi-belanja-barang-mewah-masyarakat-korea-selatan-nomor-1-di-dunia-oZwbMeC0pW.JPG Jisoo BLACKPINK untuk Dior, (Foto: Instagram @sooyaaa__)

BARANG-barang item fesyen mewah, keluaran para rumah mode kenamaan dunia begitu disukai dan dianggap sangat penting oleh masyarakat Korea Selatan.

Coat atau mantel Burberry, tas Prada, atau handbag klasik keluaran Chanel dan berbagai koleksi keluaran merek-merek adi busana lainnya laris manis di Negeri Ginseng satu ini. Tak heran, seperti dikutip dari CNBC World, Minggu (15/1/2023) menurut bank investasi Morgan Stanley, membuat orang Korea Selatan adalah konsumen terbesar barang-barang mewah pribadi di dunia.

Morgan memperkirakan total pengeluaran orang-orang Korea Selatan untuk barang-barang mewah pribadi mengalami pertumbuhan hingga 24 persen pada tahun 2022 menjadi USD16,8 miliar, atau sekitar USD325 per kapita.

Menurut catatan bank investasi tersebut, angka ini tentunya jauh lebih tinggi daripada angka yang dihabiskan masing-masing oleh warga negara China dan Amerika untuk pembelanjaan luxury goods alias barang-barang mewah. Tak heran rumah mode atau high brand dunia punya penjualan tinggi di Korea.

Analis Morgan Stanley menyebutkan, permintaan barang mewah di kalangan pembeli Korea Selatan dipicu karena berbagai faktor. Mulai dari peningkatan daya beli maupun keinginan alami untuk menunjukkan status sosial diri.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

“Penampilan dan kesuksesan finansial dapat lebih beresonansi dengan konsumen di Korea Selatan, daripada di kebanyakan negara lain,” tulis para analis dalam laporan tersebut. Dengan kata lain, gaya penampilan dnegan menggunakan item fesyen mewah keluaran rumah mode atau merek-merek berkelas dunia dipandang sangat penting di kultur sosial masyarakat Korea Selatan.

Disebutkan lebih lanjut, gaya tampilan kekayaan juga lebih dapat diterima secara sosial di masyarakat Korea. Survei dari McKinsey mendapati bahwa hanya 22 persen responden di Korea Selatan yang menganggap pamer barang mewah sebagai hal yang tidak menyenangkan, dibandingkan dengan 45 persen orang Jepang dan 38 persen orang China.

Selain itu, Morgan Stanley juga meng-highlight faktor bahwa banyak rumah mode dunia yang mendapuk selebritis terkenal dengan fanbase besar asal Korea untuk lebih menarik pelanggan. 

Bisa dilihat, hampir semua selebriti papan atas Korea adalah duta merek dari rumah mewah terkemuka. Contohnya ada KAI EXO untuk GUCCI, Rose Blackpink untuk YSL, Jisoo Blackpink untuk Dior, Lee Min-Ho untuk Fendi, hingga G-Dragon yang sudah sejak lama menjadi duta merek untuk Chanel.

 BACA JUGA:Potret Nagita Slavina Asuh Rayyanza di Kebun Binatang, Pakai Kemeja Rp19 Juta

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini